Agar Penggunaan Masker Maksimal saat Bepergian, Ini Saran Dokter

Wanita Korea Selatan mengenakan masker di salah satu kegiatan. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Penggunaan masker di luar rumah atau saat bepergian, belum tentu maksimal menangkal penularan virus. Pemakaian masker dengan kain tiga lapis sekali pun. Dokter Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor berbagi tips terkait masalah ini.

Dokter Alfi menyarankan Anda untuk menyimpan masker dalam sebuah wadah khusus. Saat bepergian ke luar rumah untuk urusan tertentu, sebaiknya siapkan dua kantong khusus berisi masker di dalam tas Anda.

“Ada dua kotak (wadah) penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai. (Masker) bisa dilapisi dengan tisu atau kain bersih agar tidak kontak dengan barang-barang di luar,” kata dia dalam konferensi pers virtual “Mengenal Masker Kain Berteknologi dari AIRism Mask”, Rabu (21/10).

Ketika Anda ingin membukanya misalnya karena ingin makan, cucilah tangan terlebih dulu. Setelahnya, buka masker tanpa harus menyentuh bagian tengahnya, melainkan talinya saja.

Alfi mengingatkan, sebaiknya, jangan gantung masker di dagu, tetapi masukan masker ke dalam wadah khusus yang sudah Anda siapkan lalu tutup rapat wadah itu. Jika ingin kembali memakainya, cucilah dulu tangan Anda lalu sentuh bagian tali masker dan kenakan hingga hidung dan mulut Anda tertutupi secara pas.

Alfi merekomendasikan Anda mengganti masker minimal setiap empat jam, atau saat kondisinya sudah lembap, basah dan kotor. Cucilah masker seperti mencuci pakaian biasa namun jangan gunakan pemutih pakaian. Keringkan masker dengan cara diangin-anginkan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here