New York Times Bongkar Skandal Donald Trump Punya Rekening di Bank China

Donald Trump dan Presiden Xi Jinping. Foto: GI

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump selama ini kritis terhadap perusahaan-perusahaan AS yang berbisnis di China, dan bahkan dia memicu perang dagang antara AS dan China yang membuat ekonomi gonjang-ganjing.

Namun, jelang Pilpres AS, New York Times menampar muka Trump dengan membongkar, jika orang nomor satu Amerika itu malah sudah lama punya rekening bank di China. Rekening itu selama bertahun-tahun digunakan Trump memburu proyek-proyek bisnis di negara tersebut.

Rekening itu dikendalikan Trump International Hotels Management yang juga membayar pajak-pajak setempat antara 2013 dan 2015.

Surat kabar NY Times mengungkap rekening itu setelah memperoleh catatan pajak Trump, yang mencakup rincian keuangan pribadi Trump dan perusahaan-perusahaannya.

Sebelumnya, harian itu melaporkan Trump membayar pajak federal AS sebesar US$750 atau Rp10,9 juta pada 2016 dan 2017, tatkala dia menjadi presiden AS.

Rekening bank di China yang dimilikinya telah dipakai untuk membayar pajak setempat sebesar US$188.561 atau Rp2,7 miliar.

Selama masa kampanye pemilihan presiden AS 2020, Trump bersikap kritis terhadap rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden, terkait kebijakan terhadap China.

Pemerintahan Trump juga menyampaikan klaim tanpa bukti mengenai bisnis putra Biden, Hunter, dengan China.

Namun, dokumen pajak pemasukan Biden dan daftar kekayaannya yang diungkap ke publik menunjukkan dirinya tidak ada kesepakatan bisnis dengan China.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here