Azerbaijan Bebaskan 13 Desa Dari Pendudukan Armenia

Tentara Azerbaijan mengibarkan bendera di Kota Jabrayil. Foto:afp

Indonesiainside.id, Baku – Tentara Azerbaijan membebaskan 13 desa lainnya dari pendudukan Armenia di tengah bentrokan yang sedang berlangsung, bunyi pengumuman Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengumumkan pada hari Jumat(23/10).

“Tentara Azerbaijan yang mulia membebaskan desa Dolanar dan Bunyadli di Khojavend, Dag Tumas, Nusus, Xelefli, Minbashili dan desa Veyselli di desa Jabrayil, Venedli dan Mirzehasanli di Zengilan. Hidup Tentara Azerbaijan! Karabakh adalah Azerbaijan!” Aliyev mengatakan di Twitter, menambahkan bahwa Zilanli, Kurd Mahrizli, Muganli dan desa Alagurshag di Gubadli juga telah dibebaskan.

Azerbaijan sejauh ini telah membebaskan puluhan kota dan desa di Nagorno-Karabakh sejak bentrokan pecah antara pasukan Armenia dan Azerbaijan pada akhir September.

Bentrokan dimulai pada 27 September terjadi ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut, yang menyebabkan korban jiwa.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet, Azerbaijan dan Armenia tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh.

Sekitar 20% wilayah Azerbaijan tetap berada di bawah pendudukan ilegal Armenia selama hampir tiga dekade.

Berbagai resolusi PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here