FKM UI: Pandemi Covid-19 Mulai Terkendali pada 2021

Ilustrasi vaksin Covid-19

Indonesiainside.id, Jakarta – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menunjukkan pandemi Covid-19 kemungkinan baru mulai terkendali pada akhir 2021 hingga awal 2022.

Pemodelan pandemi Covid-19 dari UI tersebut membagi tiga skenario situasi pandemi Covid-19, berdasarkan bentuk intervensi yang dilakukan seperti memperkuat tes, pelacakan kasus, isolasi pasien, hingga penerapan protokol kesehatan.

“Kalau seperti sekarang, kita lihat kurvanya dan kalau lihat skala waktunya, itu artinya sampai 2021 kita masih mesti hidup bersama dengan Covid-19, dia belum terkendali,” kata Epidemiolog FKM UI Iwan Ariawan Iwan dalam webinar bersama Bappenas, Jumat.

Situasi saat ini yang dimaksud Iwan adalah pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sementara kapasitas tes, pelacakan kasus, serta isolasi pasien dalam kategori sedang.

Begitu juga dengan cakupan kepatuhan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak pada level sedang.

Iwan melanjutkan, pemodelan juga menunjukkan bahwa pandemi tetap baru terkendali pada akhir 2021 meskipun tes, pelacakan, dan isolasi kasus meningkat serta protokol kesehatan dipatuhi maksimal.

“Memang tetap terkendali akhir 2021, tetapi puncak kurvanya lebih rendah yang berarti kasus positif lebih sedikit, kasus berat lebih sedikit, kasus kematian lebih sedikit, beban pelayanan kesehatan lebih sedikit,” jelas dia.

Situasi yang lebih buruk bisa terjadi apabila masyarakat mengabaikan protokol kesehatan dan hidup seolah seperti sebelum pandemi Covid-19.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here