Azerbaijan Lanjutkan Operasi Militer Pembebasan Nagorno-Karabakh

Tank militer Azerbaijan

Indonesiainside.id, Jakarta – Tentara Azerbaijan melanjutkan operasi militernya guna membebaskan wilayah Nagorno-Karabakht yang diduduki secara ilegal selama hampir 30 tahun oleh separatis Armenia, kata Kementerian Pertahanan negara itu pada Minggu.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan pasukan negara itu melakukan operasi dengan intensitas yang berbeda-beda di wilayah Agdere, Khojavend, Fuzuli, Hadrut, Qubadli dan Lachin sepanjang malam.

Pasukan Armenia melepaskan tembakan dengan tank, artileri, dan mortir, sementara tentara Azerbaijan mendorong dan melanjutkan aktivitasnya sesuai dengan rencana operasional, memperluas wilayah di bawah kendali mereka, tambah pernyataan itu.

Pasukan Armenia di Qubadli dipukul mundur setelah kehilangan peralatan dan tenaga, dengan banyak tentara yang dikirim dari wilayah Tsaghkadzor di Armenia ke Nagorno-Karabakh dinetralkan, katanya.

Menurut pernyataan tersebut, tentara Azerbaijan menghancurkan dua tank, dua kendaraan lapis baja, empat howitzer D-30, satu meriam 2A36 Giatsint-B dan tujuh mobil milik pasukan Armenia di lokasi berbeda di bagian depan.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas.

Empat resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) dan dua dari Majelis Umum PBB (UNGA), serta organisasi internasional, menuntut “penarikan segera penuh dan tanpa syarat pasukan pendudukan” dari wilayah Azerbaijan yang diduduki.

Secara total, sekitar 20% wilayah Azerbaijan – termasuk Nagorno-Karabakh dan tujuh wilayah yang berdekatan – telah diduduki secara ilegal selama hampir tiga dekade.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here