Mengenal Ciri-Ciri Fisik Rasulullah SAW, tapi Bukan untuk Dilukis

Ilustrasi.

Rasulullah SAW digambarkan sebagai akhlak Alquran yang berjalan di muka bumi. Dialah sebaik-baik manusia yang memerankan Islam. Beliau menunjukkan jalan dan memberikan teladan bagaimana semestinya manusia hidup di dunia.

Sesungguhnya Rasulullah Muhammad ﷺ adalah teladan kita. Dia telah meninggalkan kita dua pedoman, kalau kita berpegang pada keduanya kita tidak akan pernah tersesat selamanya. Yaitu Alquran dan Sunnah Rasulullah ﷺ. Kita ambil tuntunannya untuk menghilangkan dahaga ruh kita terhadap bimbingan agama. Kita kerjakan petunjuknya dan jauhi larangannya agar kehidupan kita ini menjadi kehidupan yang baik. Terisi dengan akhlak yang lurus dan benar.

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam bukunya Syarah Tsalasah Usul, memaparkan persoalan penting yang harus diketahui oleh kaum Muslimin:

اْلأُوْلَى اَلْعِلْمُ وَهُوَ مَعْرِفَةُ اللهِ، مَعْرِفَةُ نَبِيِّهِ وَمَعْرِفَةُ دِيْنِهِ اْلإِسْلاَمِ بِاْلأَدِلَّةِ. الثَّانِيَةُ اَلْعَمَلُ بِهِ. الثَّالِثَةُ اَلدَّعْوَةُ إِلَيْهِ.

“Pertama adalah ilmu, yaitu mengenal Allah, mengenal Rasul dan agama Islam dengan dalil dalilnya, kedua mengamalkannya, ketiga mendakwakannya.”

Begitu pentingnya untuk mengenal Rasulullah ﷺ, kiranya dari apa yang diketahui tentang Rasulullah bisa membimbing kita untuk ber-ittiba’ (mengikuti jejak) kepadanya dalam mengarungi kehidupan ini.

Dalam Kitab Syamail Nabi Muhammad ﷺ karya Imam Tirmidzi,  kita dapat memetik banyak hikmah dengan mengenal akhlak dan pribadi Rasulullah ﷺ lebih dekat. Syamail Nabi Muhammad ﷺ juga menjadi rujukan utama terkait diri Rasulullah ﷺ.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here