20 Orang Tewas Dalam Gempa Bumi di Turki

Gempa di Turki. Foto: Twitter

Indonesiainside.id, Ankara – Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter melanda lepas pantai distrik Seferihisar di provinsi barat Izmir pada hari Jumat menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD).

Gempa terjadi di Laut Aegea pada kedalaman 16,5 kilometer (10,3 mil) tetapi dirasakan di seluruh kota terbesar ketiga di Turki dan sejauh Istanbul di utara. Goncangannya juga dirasakan hingga Yunani.

AFAD mengumumkan 20 orang tewas dan 786 lainnya luka-luka. Kru bekerja untuk menyelamatkan korban dari puing-puing beberapa bangunan.

Gubernur Izmir Yavuz Selim Köşger mengatakan kepada wartawan bahwa empat bangunan hancur total dalam gempa bumi, dan 70 orang berhasil diselamatkan dari puing-puing. Dia mengatakan salah satu korban tewas telah tenggelam.

Profesor Haluk Özener, kepala Institut Penelitian Gempa Bumi Kandilli Universitas Boğaziçi, mengatakan pada konferensi pers di Istanbul pada hari Jumat bahwa telah terjadi 19 gempa susulan antara skala 3,3 dan 4,8 sejak gempa awal, yang berlangsung selama lebih dari 15 detik. Dia juga mengatakan garis patahan sepanjang 30 hingga 40 kilometer pecah selama gempa.

Gempa itu cukup kuat itu membuat orang turun berlarian ke jalan dengan panik di negara yang telah dilanda gempa bumi besar yang menewaskan ribuan orang di masa lalu.

Tiga orang berhasil diselamatkan tetapi terluka tertimpa puing-puing sebuah bangunan di distrik Bayraklı Izmir.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here