Pesan Jokowi untuk Penerima Beasiswa LPDP: Perkokoh Rasa Kebangsaan, Kemanusiaan dan Keindonesiaan

Presiden Jokowi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyampaikan empat pesan kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

“Saudara-saudara generasi muda yang terpilih untuk belajar ke berbagai perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri. Ini kesempatan emas untuk belajar, untuk membangun jaringan, mempersiapkan masa depan saudara-saudara dan masa depan Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dalam video di Youtube Sekretariat Presiden yang disiarkan pada Senin.

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu dalam “Studium Generale 2020: Rekacipta Generasi Muda Menuju Indonesia Emas”.

“Saya ingin berpesan yang pertama, gunakan kesempatan ini untuk mengejar pengetahuan baru yang bermunculan,” ungkap Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, disrupsi telah terjadi di seluruh sendi kehidupan.

“Otomatisasi, ‘Artificial Intelligence’, ‘big data’ dan lain-lain yang bukan hanya sebagai fenomena teknologi yang mempengaruhi ‘landscape’ ekonomi, tetapi juga mempengaruhi ‘landscape’ sosial, politik dan kebudayaan,” ujar Presiden.

Pesan kedua, Presiden Jokowi meminta para penerima beasiswa LPDP menggunakan kesempatan untuk mengasah dan memperkuat karakter, mengasah talenta dan memperkuat keterampilan.

“Menjadi mahasiswa itu membuka kesempatan untuk mengasah kepemimpinan dan keterampilan manajerial saudara-saudara yang sangat berguna kelak ketika saudara-saudara lulus,” ungkap Presiden.

Pesan ketiga, para penerima beasiswa diminta untuk menggunakan kesempatan belajar untuk memperkokoh rasa kebangsaan, kemanusiaan dan keindonesiaan.

“Saya tahu saudara-saudara berasal dari berbagai pelosok Indonesia, yang berbeda suku, berbeda agama, tetapi saudara-saudara semua bersaudara, sebangsa dan setanah air Indonesia,” tutur Presiden.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here