Jet Tempur Armenia ‘Nyungsep’ Dihajar Rudal Azerbaijan

Sukhoi SU-25

Indonesiainside.id, Baku – Sebuah jet tempur Sukhoi SU-25 milik Armenia yang hendak menyerang kawasan Azerbaijan rontok dihantam rudal pertahanan udara.

Jet tempur buatan Rusia itu hancur ditembak dalam lanjutan konfrontasi yang sedang berlangsung dengan Yerevan atas wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki Armenia, kata kementerian pertahanan negara itu pada hari Senin.

Kementerian mengatakan pesawat SU-25 telah melancarkan serangan udara terhadap posisi Azerbaijan di wilayah Zangilan pada hari Minggu ketika ditembak jatuh.

Tentara Azerbaijan sebelumnya telah menjatuhkan tiga pesawat lainnya, dua dalam seminggu terakhir dan satu pada 17 Oktober.

Sementara itu, sebagai kelanjutan dari keberhasilannya baru-baru ini, tentara Azerbaijan membebaskan 193 desa dari pendudukan Armenia, kata kementerian pertahanan Turki pada Minggu.

Sejak bentrokan meletus pada 27 September, Armenia telah berulang kali menyerang warga sipil dan angkatan bersenjata Azerbaijan, melanggar tiga perjanjian gencatan senjata kemanusiaan sejak 10 Oktober.

Hingga saat ini, setidaknya 91 orang, termasuk 11 anak-anak dan 27 wanita, telah terbunuh oleh serangan Armenia, menurut Kepala Kantor Kejaksaan Azerbaijan.

Sekitar 400 warga sipil, termasuk setidaknya 14 bayi, 36 anak dan 101 wanita, juga terluka dalam kekerasan tersebut.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menguasai Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, dan tujuh wilayah yang berdekatan.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here