Hasil Sementara: Biden Raup 238 Suara Elektoral, Trump Baru Dapat 213 Suara

Presiden Trump dan kandidat Joe Biden dari Partai Demokrat

Indonesiainside.id, Washington –  Presiden Amerika Serikat Donald Trump meraup 213 suara elektoral, jauh di belakang Biden sebanyak 238 suara. Kedua kandidat berupaya mengumpulkan setidaknya 270 suara untuk mengamankan suara mayoritas.

Namun, Trump  sesumbar mengklaim kemenangannya atas calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden. Klaim ini dinyatakan sebelum waktunya pada Rabu pagi waktu setempat. “Anda hanya melihat semua negara bagian yang kami menangkan malam ini dan margin yang kami peroleh,” kata Trump kepada para pendukungnya di Gedung Putih.

“Ini penipuan terhadap publik Amerika. Ini memalukan bagi negara kami. Kami bersiap-siap untuk memenangkan pemilihan ini. Terus terang, kami memang memenangkan pemilu ini,” tegas dia.

Trump, bagaimana pun, mengklaim kemenangan di Georgia, North Carolina, dan Michigan. Di Georgia, dia unggul hanya dengan 1,5 persen dengan 9 persen dari perkiraan suara yang belum dihitung.

Di Carolina Utara Trump memimpin 1,4% persen, sedangkan di Michigan, kurang dari 70% perkiraan suara telah dihitung.

Pengumuman sepihak Trump mendapat teguran keras dari Chris Christie, mantan gubernur New Jersey yang merupakan orang kepercayaan presiden. “Saya tidak setuju dengan apa yang dia lakukan,” kata dia kepada ABC News.

“Ada saatnya Anda harus membiarkan proses itu berjalan sendiri sebelum Anda menilai itu cacat. Ini tindakan yang prematur dan dapat melemahkan kredibilitasnya sendiri,” tambah Christie.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here