Pilpres Amerika Masih Jauh dari Usai, Biden Minta Pendukung Sabar, Trump Sebut Ada Maling Pemilu

Joe Biden dan Donald Trump dalam persaingan Pilpres AS. Foto: Voa

Indonesiainside.id, Washington – Seluruh negara bagian dengan cemas menunggu hasil pemilu presiden antara petahana Donald Trump dan calon dari Demokrat, Joe Biden. Sejauh ini Biden tetap memimpin namun hasil di beberapa negara bagian bisa merubah peta.

Baik Trump maupun Biden belum mencapai angka suara elektoral 270 dari sejumlah 538 suara elektoral yang disyaratkan untuk menang. Hal ini karena Pemilu AS tidak ditentukan oleh suara terbanyak.

Jeremy Myer, dosen politik Amerika di George Mason University mengatakan, “Tampaknya sekitar 50/50 untuk masing-masing calon ini. Dan yang luar biasa adalah ini mirip dengan pemilu 2016. Penentunya adalah tiga negara bagian yang persis sama, Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania.” ujarnya dilansir VOA, Kamis(5/11).

Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania yang merupakan kandang Demokrat, namun pada 2016 dimenangkan oleh Trump. Kedua kandidat giat berkampanye di sana pada hari-hari terakhir menjelang pemungutan suara.

Pada Rabu dini hari (4/11) dari tempat tinggalnya di Wilmington, Delaware, Biden mengimbau pendukungnya untuk bersabar. “Tetaplah percaya sahabat-sahabat, kita akan memenangkan pemilu ini! Terima kasih, terima kasih terima kasih!.”

Beberapa menit kemudian Trump mencuit, Demokrat berupaya mencuri pemilu dan Twitter memberi label cuitan itu sebagai “menyesatkan”.

Dia kemudian berbicara dari Gedung Putih. “Ini saat yang sangat menyedihkan, bagi saya ini adalah momen yang sangat menyedihkan. Kita akan menang dan sejauh pemahaman saya, kita sudah menang.” ujar Trump.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here