Survei: Prabowo Menteri Terbaik, Jauh di Atas Menteri dari Kalangan Profesional

prabowo subianto
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebanyak lima menteri dinilai mempunyai kinerja bagus oleh publik, berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indo Barometer. Survei yang dilakukan pada 10-17 Oktober 2020 tersebut mengukur kinerja 1 tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan COVID-19 di Indonesia.

Dalam survei tersebut, Indo Barometer melontarkan pertanyaan “sebutkan nama menteri yang menurut responden kinerjanya bagus?” Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati urutan teratas. Dia mendapat dukungan berdasarkan hasil survei sebanyak (29,3 persen).

Kepuasan publik terhadap kinerja Prabowo jauh di atas empat menteri profesional lainnya. Dari lima menteri berkinerja baik, semuanya dari kalangan profesional, kecuali Prabowo yang diketahui sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

Urutan kedua, publik puas dengan kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebanyak 16,3 persen. Di bawahnya sedikit, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (15,2 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (12,2 persen), dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD (8,8 persen).

“Kami memiliki uraian alasan dan jawaban khusus untuk masing-masing menteri tersebut,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (5/11).

Dalam survei tersebut, kata Qodari, terdapat lima alasan utama publik menilai seorang menteri memiliki kinerja bagus yaitu, pintar/intelektual (cerdas), mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, keputusannya tegas dan lugas, mempunyai hasil kerja nyata dan banyak program terobosan (visi misi ke depan).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here