Hidayat Nur Wahid Dukung Legislative Review UU Cipta Kerja

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). (ANTARA)

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mendukung opsi “legislative review” terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) yang dibuka oleh pemerintah.

Langkah itu, menurut dia, sejalan dengan prinsip NKRI sebagai Negara Pancasila, Negara Hukum dan mengutamakan Kedaulatan Rakyat, sebagaimana diatur dalam Bab I Pasal 1 ayat (2) dan ayat (3) UUDNRI 1945.

“Saya mengapresiasi pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD bahwa tidak menutup kemungkinan dilakukannya ‘legislative review’ terhadap UU Ciptaker yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo,” kata HNW saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan permasalahan terkait UU Omnibus Law Ciptakerja tidak lagi sekedar yang diperkirakan sebagai kesalahan ketik, tapi mencakup banyak aspeknya dan ketentuan terkait UU tersebut.

Menurut dia, langkah “legislative review” merupakan salah satu opsi legal yang bisa dilakukan agar DPR dan presiden agar dapat mengobati luka rakyat dengan memperbaiki secara mendasar berbagai hal terkait penyusunan, pengesahan dan sosialisasi UU Ciptaker.

Dia menilai “legislative review” dengan menarik seluruh ketentuan UU Cipta Kerja oleh DPR dan pemerintah bisa menjadi sarana bagi presiden dan DPR untuk memperbaiki kinerja dalam pembuatan UU.

Selain itu, menurut dia, untuk memperbaiki kesalahan dalam pembuatan suatu UU Omnibus Law seperti Ciptakerja ini, agar tak lagi dilakukan dengan tergesa-gesa dan ugal-ugalan, sehingga menghasilkan banyak masalah, serta penolakan dari Masyarakat luas.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here