Menang Balapan Perdana, Joan Mir Makin Kokoh di Puncak Klasemen

Joan Mir

Indonesiainside.id, Jakarta – Joan Mir meraih kemenangan MotoGP pertamanya setelah menjuarai Grand Prix Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu, dan semakin kokoh di puncak klasemen hingga dua balapan tersisa.

Pebalap tim Suzuki Ecstar itu kini mengoleksi 162 poin, memperlebar jarak dari rival terdekatnya Fabio Quartararo dengan 37 poin setelah pebalap tim Petronas Yamaha itu terjatuh dan finis di P14.

Alex Rins melengkapi selebrasi Suzuki setelah finis 0,651 detik berselang sebagai runner-up, membawa Suzuki finis 1-2 untuk pertama kalinya musim ini.

Pebalap Spanyol itu kini naik ke peringkat tiga dengan raihan poin 125, sama dengan yang dimiliki Quartararo.

Pol Espargaro, yang start dari pole position, melengkapi podium dengan finis peringkat tiga.

Duet Suzuki itu tampil dominan sejak awal lomba.

Start dari P2 setelah babak kualifikasi yang basah, Rins mengambil alih pimpinan lomba setelah menyalip polesitter Pol Espargaro di lap kedua, dan dua lap berselang Joan Mir melewati sang pebalap KTM untuk membawa dua Suzuki terdepan.

Mir yang berburu kemenangan MotoGP pertamanya, melihat celah ketika Rins melebar di Tikungan 11 dan menyalip rekan satu timnya itu di lap ke-17. Mir bertahan di depan dengan 11 lap tersisa hingga finis pertama, menjadikannya pebalap kesembilan yang berbeda musim ini yang mengecap podium sebagai juara Grand Prix.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here