Digerebek Polisi Australia, 46 Anak Diselamatkan dari Pelecehan

Polisi Federal Australia atau AFP. Foto: Net

Indonesiainside.id, Jakarta – Total 46 anak berusia 16 bulan hingga 15 tahun berhasil diselamatkan dalam penggerebekan berskala nasional terhadap jaringan pelecehan anak di Australia, ungkap Kepolisian Federal Australia (Australian Federal Police/AFP) pada Rabu (11/11).

Polisi mengatakan skala pelanggaran hukum tersebut belum pernah terjadi sebelumnya, dengan 14 orang ditahan atas 828 dakwaan terkait eksploitasi terhadap anak di beberapa negara bagian di Australia, termasuk New South Wales (NSW), Queensland, dan Australia Barat, melalui Operasi Arkstone.

Para tersangka pelecehan seksual terhadap anak tersebut berusia dari 20 hingga 48 tahun, dengan usia rata-rata 28 tahun. Pekerjaan mereka bervariasi mulai dari petugas perawatan anak, sukarelawan pelatih sepak bola, petugas perawatan difabel, hingga teknisi listrik, karyawan pusat perbelanjaan, dan koki.

Di antara mereka, terdapat seorang mantan perawat anak berusia 27 tahun di NSW yang didakwa atas lebih dari 300 pelanggaran terkait pelecehan seksual pada anak.

“Polisi akan menuntut pria tersebut karena menyalahgunakan posisinya sebagai perawat anak, dan cara-cara penipuan lain dalam kehidupan pribadinya, untuk memperoleh akses terhadap 30 anak,” kata pernyataan AFP.

Operasi Arkstone diluncurkan setelah AFP menemukan jaringan pelecehan anak melalui sejumlah forum daring di mana beberapa anggotanya diduga memproduksi materi pelecehan pada anak dan membagikannya.

“Polisi akan memanfaatkan Operasi Arkstone dalam mengungkap jaringan pelecehan, di mana para tersangka di forum itu mendukung dan menyemangati satu sama lain agar terlibat dalam tindakan jahat dan pelecehan pada anak,” papar Pelaksana Tugas Komandan Operasi Perlindungan Anak AFP Christopher Woods.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here