Raja Saudi Mendesak Dunia Ambil Sikap Tegas Terhadap Iran

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mendesak dunia pada hari Kamis untuk mengambil “sikap tegas” untuk mengatasi upaya Iran untuk mengembangkan program rudal nuklir dan balistik, dalam pidato tahunannya kepada badan penasihat pemerintah tertinggi.

“Kerajaan itu menekankan bahaya proyek regional Iran, campur tangannya di negara lain, pengembangan terorisme, mengipasi api sektarianisme dan seruan untuk sikap tegas dari komunitas internasional terhadap Iran yang menjamin penanganan drastis dari upayanya untuk memperolehnya. senjata pemusnah massal dan mengembangkan program rudal balistiknya, ”kata raja.

Itu adalah pidato publik pertama penguasa berusia 84 tahun itu sejak dia berpidato di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan September melalui tautan video, di mana dia juga membidik Iran dengan mengutuk ” ekspansionisme ” -nya . Arab Saudi yang mayoritas Muslim Sunni dan Iran yang didominasi Syiah terkunci dalam beberapa perang proksi di wilayah tersebut, termasuk di Yaman di mana koalisi yang dipimpin Saudi telah memerangi gerakan Houthi yang berpihak pada Teheran selama lebih dari lima tahun.

Tidak ada reaksi langsung dari Iran atas pernyataan raja tersebut. Teheran menggambarkan pernyataan raja di PBB sebagai “tuduhan tak berdasar” dan membantah mempersenjatai kelompok di Timur Tengah.

Kantor berita negara SPA menerbitkan transkrip lengkap pidato raja setelah tengah malam, dan televisi pemerintah menyiarkan foto-foto yang tampaknya raja sedang berbicara kepada anggota dewan melalui tautan video dari istananya di Neom.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here