Rumus Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Melawan Covid-19

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta, dr. Gia Pratama Putra, berbicara dalam Dialog Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru secara virtual, Jakarta, Jumat (13/11/2020). (ANTARA/Katriana)

Indonesiainside.id, Jakarta – Menjaga pola makan yang sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup masih menjadi obat yang paling mujarab untuk melawan Covid-19 hingga saat ini. Intinya, cara mencegah risiko infeksi Covid-19 adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan jumlah virus.

“Rumusnya adalah RI atau risiko infeksi sama dengan JV atau jumlah virus dibagi IT atau imunitas tubuh,” kata Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta, dr Gia Pratama Putra dalam Dialog Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru secara virtual, Jakarta, Jumat (13/11).

Ia mengatakan bahwa untuk mengurangi risiko infeksi meningkatkan daya tahan tubuh memiliki peran yang sangat penting. Untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dia juga menyebutkan rumus yang terdiri dari tiga poin.

Poin pertama adalah perlunya nutrisi, vitamin dan mineral yang komplit. Konsumsi sayur dan buah-buahan termasuk di dalam pemenuhan nutrisi tersebut.

Kedua, istirahat yang cukup. Ia mengatakan, istirahat yang berkualitas dapat dilakukan dengan tidur selama 6-7 jam dalam sehari, dengan waktu tidur lebih baik dimulai sebelum pukul 23.00 WIB dan bangun tidur sebelum pukul 05.00 WIB.

“Jadi jangan begadang karena dapat menurunkan daya tahan tubuh. Penelitian terbaru (menyebutkan) manusia itu paling bagus tidurnya 6-7 jam. Tidurnya di awal sebelum jam 11 (pukul 23.00 WIB) dan bangun sebelum jam 5 (pukul 05.00 WIB). Itu yang paling baik,” katanya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here