Ini Penyebab Cuaca Panas Beberapa Hari Terakhir di Indonesia

Cuaca cerah
Cuaca cerah di Jakarta. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan penyebab terjadinya cuaca panas atau peningkatan suhu tertinggi pada siang hari dalam beberapa hari terakhir di Indonesia.

Misalnya di Jakarta dan Bekasi, terjadi cuaca cerah dalam dua hari terkait berkaitan dengan berkembangannya siklon tropis VAMCO di Laut Cina Selatan. Siklon tropis Vamco menarik masa udara  dan awan-awan sehingga menjauhi wilayah Indonesia bagian Selatan.

“Akibatnya cuaca cenderung menjadi lebih cerah dalam beberapa hari terakhir,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana melalui siaran pers, Ahad (16/11).

BMKG juga mencatat telah terjadi peningkatan suhu tertinggi pada siang hari dalam beberapa hari terakhir di Indonesia. Taufan mengatakan suhu lebih dari 36 derajat Celcius terjadi di Bima, Sabu, dan Sumbawa pada 12 November 2020.

“Suhu tertinggi pada hari itu tercatat di Bandara Sultan Muhammad Salahudin, Bima yaitu 37,2 derajat Celcius,” jelas Taufan.

Dia melanjutkan, namun catatan suhu ini tidak tergolong sebagai penyimpangan besar dari rata-rata suhu maksimum di wilayah ini. Menurut Taufan, ada sejumlah hal yang menyebabkan suhu maksimum meningkat.

Kedudukan semu gerak matahari pada bulan November berada tepat di atas Pulau Jawa dalam perjalanannya menuju posisi 23 derajat lintang selatan setelah meninggalkan garis ekuator.

“Posisi semu Matahari di atas Pulau Jawa akan terjadi 2 kali yaitu di bulan November dan April, sehingga puncak suhu maksimum di Jawa hingga Nusa Tenggara Timur terjadi di seputar bulan-bulan tersebut,” ujar Taufan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here