Seorang Penumpang Lion Air Rute Jayapura-Makassar Melahirkan di Pesawat

Maskapai Lion Air. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Salah seorang penumpang Maskapai Penerbangan Lion Air melahirkan di dalam pesawat JT-797 rute Jayapura-Makassar pada Selasa.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan pesawat Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT.

Namun sekitar 50 menit dari jadwal terbang, kata dia, pendamping dari penumpang yang tengah mengandung meminta bantuan kepada awak kabin bahwa mengeluh sakit perut dan meminta air putih hangat.

Pimpinan awak kabin pun bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung untuk mengetahui kondisi aktual penumpang.

Setelah mendapatkan informasi rinci, awak kabin meminta salah satu penumpang lainnya yang berprofesi dokter untuk membantu proses persalinan.

“Koordinasi dan kerjasama yang baik antara awak kabin dan dokter, proses persalinan (melahirkan) penumpang termasuk penanganannya tersebut berjalan normal, dilakukan di kursi bagian belakang. Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat,” kata Danang melalui keterangan resminya, pada Rabu.

Dalam situasi tersebut pilot Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo setelah koordinasi dengan dokter dan awak kabin memutuskan untuk pengalihan pendaratan ke bandar udara terdekat, yakni Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ).

“Pilot menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara dan petugas darat, dalam penerbangan terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut,” tambah dia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here