Sumbar Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Dirasakan di Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, dan Solok Selatan

Peta gempa magnitudo 5,3 di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, pada Rabu (18/11/2020) pukul 11.41.59 WIB. (ANTARA/HO.BMKG)

Indonesiainside.id, Jakarta – Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, tepatnya di barat daya Kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, diguncang gempa tektonik bermagnitudo 5,3 pada Rabu pukul 11.41.59 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu mengatakan gempa pada koordinat 1,75 LS dan 100,42 BT dengan kedalaman 46 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak gempa, guncangan dirasakan di Painan, Tuapejat pada skala III-IV MMI, yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Pada skala
II-III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu di Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan.

Serta pada skala II MMI di Pasaman, Pasaman Barat, Sijunjung dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Terkait gempa tersebut, Rahmat mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here