Raja Salman dan Erdogan Sepakat Perkuat Kerja Sama Kedua Negara

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Raja Saudi Salman bin Abdelaziz (kanan). (Foto file - Anadolu Agency)

Indonesiainside.id, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdelaziz membahas hubungan kedua negara dalam percakapan telepon Jumat malam (20/11).

Kedua pemimpin berpengaruh di dunia tersebut sepakat untuk meningkatkan hubungan dan menjaga saluran dialog tetap terbuka untuk menyelesaikan masalah, demikian pernyataan Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki.

Kedua pemimpin itu juga membahas KTT Kepala Negara G20 yang saat ini dipimpin oleh Arab Saudi. Demikian dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu (21/11).

Diketahui, hubungan Arab Saudi dan Turki sangat dinamis. Mulai dari kerja sama, aliansi, hingga permusuhan dan ketidakpercayaan. Sejak abad ke-19, kedua negara selalu memiliki hubungan yang rumit. Ini karena perseteruan historis antara kedua negara yang berasal dari era Ottoman.

Keduanya memiliki hubungan politik yang tegang, yang dianggap dari permusuhan bersejarah. Perbedaan praktik Islam antara kedua negara tersebut seringkali menimbulkan gesekan. Meski begitu, kedua negara tersebut adalah anggota Organisasi Perdagangan Dunia, G20, dan Organisasi Kerja Sama Islam. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here