Rusia Pertahankan Kontrol Efektif Gencatan Senjata Nagorno-Karabakh

Nagorno-Karabakh

Indonesiainside.id, Moskow – Misi penjaga perdamaian Rusia mempertahankan kontrol yang efektif atas gencatan senjata di Nagorno-Karabakh, ungkap Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (20/11).

“Militer kami mempertahankan kontrol yang efektif atas gencatan senjata, yang dipatuhi oleh kedua belah pihak,” ujar Putin dalam sebuah pertemuan terkait Nagorno-Karabakh, menurut pernyataan Kremlin.

“Proses penjinakan ranjau yang cepat memungkinkan terciptanya jalinan komunikasi yang andal di kawasan itu, dan pengerahan pasukan penjaga perdamaian kami memungkinkan penghentian pertumpahan darah serta menghindari lebih banyak korban jatuh,” kata Putin.

“Secara keseluruhan, situasi telah stabil,” tambah sang presiden.

Personel militer Rusia mengawal para pengungsi dan memperbaiki bangunan perumahan, jalanan, dan fasilitas sosial menjadi layak huni kembali, lanjut Putin, seraya menambahkan bahwa “mereka juga memastikan keamanan bagi konvoi bantuan kemanusiaan.”

Putin menyampaikan dia tetap menjalin kontak dekat dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan, dan berencana mengirim delegasi antardepartemen Rusia yang bertugas untuk memastikan kelancaran penerapan gencatan senjata dan mengatasi isu-isu kemanusiaan, bagi kedua negara.

Armenia dan Azerbaijan terlibat perselisihan memperebutkan kawasan pegunungan Nagorno-Karabakh sejak 1988. Babak terbaru konflik bersenjata tersebut pecah di kawasan itu pada September lalu, yang merenggut banyak nyawa dan menyebabkan kerugian harta benda.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, dan Putin mengeluarkan pernyataan bersama pada 10 November, yang isinya menyepakati gencatan senjata penuh di Nagorno-Karabakh. (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here