DPD Desak Pembentukan Satgas Covid-19 di Sekolah, Jangan ‘Gambling’ Keselamatan Anak-Anak

Fasilitas cuci tangan di salah satu sekolah. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta rencana pembukaan sekolah harus dibarengi dengan persiapan yang matang. Salah satunya dengan adanya pembentukan satuan tugas (satgas) Covid-19 hingga satuan terkecil seperti yang ada di sekolah.

Satgas ini akan memantau kondisi di lingkungan sekolah dan anak didik terkait dengan penerapan protokol kesehatan. Yaitu penerapan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, kemudian menjaga jarak. Juga pengecekan suhu tubuh anggota lingkungan sekolah sebelum masuk kelas.

“Jangan ‘gambling’ atau spekulasi dengan nasib anak-anak. Wacana pembukaan sekolah di seluruh zona risiko corona harus dibarengi dengan persiapan yang matang,” kata LaNyalla dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad(22/11).

LaNyalla mengingatkan pemerintah daerah untuk membantu mempersiapkan infrastruktur protokol kesehatan di tiap-tiap sekolah di wilayahnya, misalnya dengan fasilitas cuci tangan yang memadai, penyediaan masker, hand sanitizer dan juga menjaga jarak secara ketat saat pembelajaran di lakukan.

Pihak sekolah juga diminta untuk melakukan antisipasi penyebaran virus corona sedetail mungkin. “Untuk pembangunan sarana atau fasilitas demi menunjang protokol kesehatan, pemda harus terlibat. Tidak hanya untuk sekolah negeri, tapi seluruh sekolah yang ada di wilayahnya,” tegas LaNyalla.

Senator asal Dapil Jawa Timur ini, juga menuntut agar sekolah selain menyiapkan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan juga harus membentuk Satgas Covid-19 dengan bekerja sama melalui pihak Satgas Covid-19 daerah.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here