Siswa SMK Panjatan Ciptakan Lotion Anti Nyamuk Berbahan Kenikir

Siapa bilang siswa yang sekolah di daerah tidak bisa berprestasi layaknya siswa sekolah kota. Adi dan Niken telah memenepis anggapan itu. Dua siswa Kelas 2 SMK Negeri 1 Panjatan, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta,  Jurusan Kimia Industri menciptakan lotion anti nyamuk dengan nama Lotion KITA. Bahan yang dipilih keduanya pun merupakan bahan alami yakni jeruk nipis dan daun kenikir.

Indonesiainside.id, Yogyakarta — Adi mengungkapkan lotion tersebut dibuat saat perlombaan Karya Ilmiah Remaja ( KIR ) pada awal 2018 lalu yang diadakan di sekolahnya. Adi mengungkapkan perlu waktu 2 hari saja untuk membuat lotion anti nyamuk tersebut.

Sampai saat ini Adi dan Niken baru membuat 35 bungkus lotion anti nyamuk yang digunakan untuk keperluan pameran dan bahkan dijual di lingkungan sekolah dengan harga 5000 rupiah per botolnya.

Syarif, Guru SMK Negeri 1 Panjatan sekaligus Pembimbing KIR SMK Negeri 1 Panjatan mengungkapkan bahwa kedua muridnya ini memang sangat memiliki kemauan tinggi untuk melakukan penelitian.

Syarif menyatakan  bahwa pihak sekolah juga mendukung penuh segala kebutuhan para siswa untuk melakukan penelitian hingga mengembangkan suatu produk karya mereka sendiri.

“Pihak Sekolah secara penuh mendukung, kami memberikan fasilitas secara lengkap dan kalau tidak ada pun bagaimana caranya kita carikan untuk anak-anak,”ungkapnya.

Syarif menambahkan kalau dirinya berharap tercipta regenarasi sehingga karya-karya ini tidak berhenti begitu saja saat siswa telah lulus, namun diteruskan oleh adik kelas mereka.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here