Mimpi Presiden Soeharto di Tanah Bugis

Sampai saat ini Desa Paccing Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone di tengah persawahan berdiri sebuah tugu yang disebut Lappo Ase. Monumen yang diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada Rabu 26 Agustus 1981. Tugu ini dibangun sebagai bukti prasasti bahwa Desa Paccing pernah terjadi suatu peristiwa Nasional.

Indonesiainside.id, Makassar — Bone salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan yang pernah di impikan sebagai lumbung padi nasional oleh Presiden Soeharto. Ketika itu presiden RI ke-2 ini mencanangkan awal pembangunan pertanian Indonesia yang dimulai di Kabupaten Bone.

Ceritanya pada masa itu, Bone yang dikenal memiliki cara bercocok tanam unik, sehingga menjadi perbincangan nasional. Kala itu Petani Bone menerapkan cara tanam padi yang dikenal dengan “Tandur Jajar”.

Cara tanam tandur jajar, yaitu tanam padi dengan mengatur jarak tanam di mana antara barisan tanaman diberi jarak yang agak lebar, sehingga ada barisan kosong antara barisan tanaman, namun tidak mengurangi jumlah rumpun per satuan luas bahkan bisa lebih banyak.

Nah, atas dasar itu, Presiden Soeharto bersama Ibu Siti Hartinah Soeharto (Ibu Tien) melakukan kunjungan kerja di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dalam rangka Panen Raya Operasi Gudang Beras (OLA) atau disebut operasi gudang beras pada Rabu, 26 Agustus 1981.

Dalam Buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 459. Dtuliskan , kedatangan Kepala Negara dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat setempat dengan upacara adat. Masyarakat Bone pun tumpah ruah menyambut kehadiran Kepala Negara. Suharto disambut dengan tari padduppa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here