Pak Harto dan Panel Indah Serangan Umum 11 Maret

“Cergam tersebut bukan bermaksud menonjolkan jasa seorang atau golongan, melainkan bertujuan mengungkapkan fakta sejarah. Bahwa Republik Proklamasi ini diperjuangkan dengan penuh kepahlawanan dan pengorbanan.” (Pak Harto)

Indonesiainside.id, Surabaya – Ada beberapa film yang menggambarkan sepak terjang Soeharto membebaskan negeri ini dari cengkeraman penjajah. Tapi, cuma sedikit yang mengabadikan momen berserjarah itu dalam panel-panel komik. Satu dari yang sedikit itu adalah komik Merebut Kota Perjuangan (MKP) yang terbit tahun 1985. Di mata penggemar komik, MKP bukan sekadar kumpulan adegan serangan umum 11 Maret 1949 di Jogjakarta, di mana Pak Harto menjadi aktor utamanya.

Lebih dari itu, komik berwarna ini merupakan karya seni yang luar biasa indah. Sebab, ada empat nama ‘jaminan mutu’ yang terlibat langsung dalam penggarannya, yaitu Wid NS, Hasmi, Djoni Andrean dan Hasyim Katamsi.

Siapa tak kenal Wid NS? Penggemar komik Indonesia pasti tahu lelaki kelahiran Jogjakarta, 22 November 1938, itu adalah kreator Godam, superhero lokal yang tenar di tahun 1969 sampai awal 80-an. Godam menjadi idola remaja masa itu yang menjadikan taman bacaan sebagai salah satu pilihan utama untuk mencari hiburan—selain televisi yang hanya menyediakan channel TVRI. Ketika komik silat, superhero maupun roman percintaan berjaya di era 70-an, mereka yang tak rajin ke taman bacaan bisa dituding kurang gaul.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here