Pak Harto dan Ibu Tien Pakai Ulos

Anda tahu Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)? Ini adalah organisasi kegamaan bagi orang Batak yang beragama Kristen Protestan. HKBP sudah berusia  ratusan tahun dan menjadi organisasi agama Kristen Protestan terbesar di Asia Tenggara.

Indonesiainside.id, Tapanuli Utara — Nah, Presiden Republik Indonesia saat itu, Soeharto dan Ibu Negara Ny Tien Soeharto pernah memakai ulos dan sortali pada peringatan Jubelium 125 Tahun  HKBP di Kota Tarutung, Tapanuli Utara, 19 Oktober 1986.

Dari berbagai informasi yang berhasil dihimpun oleh SUMUTPERS.COM, Selasa (18/12/2018), terungkap kalau masa itu, pakaian adat yang dikenakan Pak Harto justru mendapat pujian dari banyak orang Batak.

Salahsatu saksimata kalau Pak Harto dan Ibu Tien mendapat banyak pujian kala itu adalah M Simanjuntak, warga Tapanuli Utara, yang mengingat peristiwa 30 tahun lalu tersebut.

Namun yang jelas, menurut Simanjuntak, kedatangan Pak Harto dan Ibu Tien ke kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, kala itu membekas di ingatan kebanyakan orang Batak.

“Karena barangkali baru pertama kali itu presiden Indonesia memakain pakaian adat Batak,” ujar Simanjuntak.(Hen/berbagai sumber/INI-Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here