Merawat Ingatan Panjang Penyebaran Islam di Nusantara

Warga beraktivitas di areal Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (17/12/2018). Museum seluas 4,9 hektar yang dibangun sejak 2011 itu menyajikan cerita dengan alur yang gamblang mengenai masuknya Islam di Indonesia dengan pendekatan kemanusiaan dan budaya. Foto: Antara

Museum Islam Indonesia Hasyim Asyari memamerkan koleksi artefak, manuskrip, dan arsip sejarah penyebaran Islam di Indonesia.

Indonesiainside.id, Jombang — Pemerintah telah meresmikan Museum Islam Indonesia Hasyim Asyari di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Museum yang pembangunannya dimulai pada 2014 ini memamerkan koleksi artefak, manuskrip, dan arsip sejarah penyebaran Islam di Indonesia.

Selain itu, museum juga terbuka bagi publik yang ingin menggelar dialog Islam dan kebudayaan dalam rangka merawat kebinekaan. Museum ini diharapkan dapat menjadi rujukan informasi mengenai perkembangan Islam di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berharap museum ini bisa menjadi pusat ilmu dan tempat belajar masyarakat, khususnya generasi muda.

“Generasi muda harus paham betul sejarah pergerakan Islam di Indonesia,” kata Mendikbud. Menurut Muhadjir, tradisi pendidikan pesantren telah memberi warna yang sangat khas dalam pengembangan museum.
Ia berharap masyarakat dapat memahami pesan dan meneladani nilai-nilai luhur yang tersembunyi di balik koleksi museum.

Pimpinan Pesantren Tebuireng Jombang Salahudin Wahid (Gus Solah) menyatakan, museum ini memanggul amanat penting dalam upaya merawat ingatan perjalanan budaya dan perjalanan dakwah Islam di nusantara.

“Sekarang kita harus memberikan informasi pada masyarakat, supaya masyarakat paham bahwa negara kita perpaduan keindonesiaan dan keislaman sebagai bentuk dalam budaya, dalam hukum. Banyak sekali hukum kita (Islam) yang masuk undang-undang kita,” tutur Gus Solah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here