Cerita Manis Komikus Henky & Co Garap Baliho Pak Harto

Foto: Adhi alias Lukman Sofyan (nomor dua dari kanan) bersama seniman lainnya di depan baliho Pak Harto. (Sumber: downloadceritasilatgratis)

Belasan pelukis poster iklan bioskop serta tiga komikus senior menggarap baliho Pak Harto dengan suka cita. Itu merupakan pengalaman sekaligus tantangan baru.

Indonesiainside.id, Surabaya –– Sebuah baliho berukuran 400 x 40 meter terpampang di tepi exit tol Jagorawi arah Kota Bogor, Jabar. Baliho raksasa bergambar Pak Harto dan Bu Tien tersebut dipajang untuk menyambut konferensi internasional bertajuk “The Role of Flora in the World Economy and its Conservation”yang berlangsung  di Kebun Raya Bogor, 4-9 Juli 1994.

Ada kisah menarik di balik pembuatan baliho yang memakan waktu sekitar dua minggu tersebut. Belasan pelukis poster iklan bioskop serta tiga komikus senior terlibat dalam penggarapannya. Tiga komikus dimaksud adalah Henky, Adhi alias Lukman Sofyan, serta Hanny.

“Henky yang dapat order itu, dia juga yang bikin konsepnya. Terus ngajak saya dan Hanny,” kenang Lukman, Rabu (26/12/2018). Sekadar tahu, Henky adalah komikus senior yang eksis di era 70 hingga 80-an. Beberapa tokoh ciptaannya yang terkenal adalah Jaka Tuak, Pengemis Kusta, serta Mata Setan.

Tahun-tahun itu gaya lukisan Henky menjadi trendsetter, hingga tidak sedikit pelukis muda yang belajar kepadanya. Maka kemudian lahirlah ‘perusahaan’ Henky & Co yang menaungi sejumlah komikus tanah air bergenre silat. Henky meninggal dunia pada 16 November 1998, sedangkan Adhi dan Hanny sampai sekarang masih aktif berkarya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here