Perjalanan Kopi Nusantara Dari Masa Ke Masa (2)

Meminum kopi menjadi bagian dari gaya hidup . Foto: jungpana

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Jenis kopi yang ditanaman organik mulai diminati oleh para pecinta kopi. Cara ini dilakukan oleh para petani kopi Indonesia untuk mempertahankan daya jual kopi di tingkat dunia

Indonesiainside.id, Jakarta — Setelah Indonesia merdeka, bekas perkebunan kopi milik Belanda dinasionalisasi oleh pemerintah. Sehingga, Indonesia secara berdaulat memiliki kendali penuh untuk menghasilkan dan mengekspor kopi.

Adapun beberapa jenis kopi Indonesia yang kini dikenal sebagai Indonesia Specialty Coffee (Kopi Khas Nusantara) di antaranya adalah Kopi Aceh Gayo, Kopi Sumatra Mandheling, Kopi Lintong, Kopi Kalosi Toraja, Kopi Lampung, Kopi Kintamani Bali, Kopi Jawa Prenger, dan Kopi Papua.

Pada tahun 2000-an ini, di Indonesia mulai ditemukan kopi jenis baru yaitu kopi luwak. Kehadiran kopi jenis baru ini membuat komoditi kopi di Indonesia semakin berkembangnet maju. Di Indonesia sendiri, jenis kopi luwak lebih disukai karena rasanya yang lebih ringan dan aman untuk dikonsumsi para penderita sakit maag.

Sekarang lebih dari 90% kopi arabika Indonesia dikembangkan oleh perusahaan kecil terutama di daerah Sumatra Utara, dengan lahan 1 hektar atau kurang. Produksi arabika tahunan sekitar 75.000 ton dan 90% diekspor, dan masuk ke segmen pasar spesial.

Banyak yang mengatakan bahwa kegiatan ngopi di Indonesia mulai menjadi tren saat munculnya film karya anak bangsa “Filosofi Kopi” tahun 2014 lalu. Padahal, kebiasaan ngopi di Indonesia sudah bukan lagi hal baru, bahkan kopi sendiri sering dijadikan sebagai simbol kerukunan.

Dulu memang “ngopi” sering dikatakan sebagai kegiatannya orang tua, tapi saat ini dengan banyaknya bisnis kafe-kafe kekinian, akhirnya kegiatan minum kopi pun menjadi hal yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan dan sudah menjadi tren gaya hidup di masyarakat, mulai dari remaja hingga dewasa.

Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya. Semakin menjamurnya bisnis coffeeshop dan makin banyaknya biji kopi berkualitas dijual bebas, minum kopi bukan lagi sebuah monopoli kaum tua.

Saat ini, banyak orang yang berani membuka usaha makanan dan minuman, dengan kopi sebagai salah satu menu andalan. Selain itu dari sisi petani pun banyak yang disejahterakan dengan kopi, mengingat kualitas dan pamor biji kopi Indonesia sealu menempati posisi teratas di dunia.

Saat ini perkembangan kopi di Indonesia terus mengalami kemajuan. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia, salah satunya adalah provinsi Lampung yang dikenal sebagai penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia.

Kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia. Foto: citytodyasnews

Di Pulau Sumatera terdapat banyak jenis kopi berkualitas yang juga sudah dikenal hingga ke mancanegara, seperti misalnya kopi Sidikalang Sumatera Utara, kopi Mandailing dan kopi Gayo Aceh, kopi Sumatera Selatan dan sebagainya. Di Jawa juga dikenal kopi Malang yang mirip dengan yang ada di Lampung, kopi Bali dan masih banyak lagi jenis kopi yang lainnya.

Salah satu keistimewaan kopi yang ada di Indonesia seperti misalnya kopi Sumatera adalah perawatan dan pengelolaanya dilakukan dengan sangat intensif sehingga rasa dan aroma yang dihasilkan bisa lebih baik.

Selain itu, di beberapa daerah sudah mulai mengembangkan teknik budidaya tanaman kopi secara organik. Karena saat ini jenis tanaman organik yang lebih sehat ternyata lebih diminati oleh para pecinta kopi di tingkat dunia.

Ini merupakan cara yang dilakukan oleh para petani kopi Indonesia untuk mempertahankan daya jual kopi Indonesia di tingkat dunia. Kopi nusantara yang tersebar di beberapa kawasan di Indonesia umumnya memiliki kualitas rasa yang cukup baik, hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis, yang cocok untuk tanaman kopi

Kawasan pegunungan di Indonesia dengan curah hujan yang cukup serta penetrasi cahaya matahari yang baik dan suhu tropis yang mendukung membuat tanaman kopi yang ada di Indonesia bisa tumbuh dengan kualitas yang baik. Bahkan untuk jenis kopi luwak misalnya, Indonesia bahkan diakui sebagai kopi luwak terbaik di dunia. (Kbb)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here