Tips Agar Anak Kuat Berpuasa

anak-anak-puasa
Ilustrasi puasa. Foto: About Islam

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Cara ini bisa buat Anak tidak akan bosan saat menjalankan ibadah puasa

Indonesiainside.id, Jakarta –– Bagi orang dewasa, tentunya menjalankan ibadah puasa sudah menjadi sebuah rutinitas tahunan, dan mudah untuk dijalankan. Namun, tidak demikian bagi anak-anak. Mengingat banyaknya aktivitas yang dilakukan saat di luar bulan puasa, membuatnya sangat aktif dan ceria. Akan tetapi, saat bulan puasa datang, mereka akan lebih banyak bermalas-malasan dan segan untuk melanjutkan puasa. Sebagai orangtua terkadang tidak mudah untuk membujuk anak melanjutkan puasa. Tidak perlu khawatir, Anda dapat mencoba beberapa aktivitas menyenangkan, yang dapat anak lakukan selama berpuasa.

Mengaji Bersama
Anda dapat mendaftarkan anak pada sekolah TPA Ramadhan, atau pesantren kilat. Belajar bersama teman-teman seusianya, tentu akan lebih terasa menyenangkan dibanding Moms menyuruhnya mengaji di rumah. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat untuk pergi mengaji bersama teman-temannya.

Lakukan Permainan Seru
Selama berpuasa, waktu akan terasa semakin lama karena menahan lapar dan haus. Namun, buatlah ide agar anak Anda tidak hanya menunggu-nunggu waktu berbuka puasa dengan duduk di depan televisi seharian. Asah kreatifitas Anda dan anak dengan mengajaknya berkreasi membuat sebuah karya sendiri. Misalnya, dengan kain flanel ataupun membuat origami dari kertas-kertas unik. Atau, Anda juga bisa mengajaknya bermain mainan edukasi yang melatih pola pikir, sistem motorik, dan imajinasi anak. Dijamin, kegiatan ini akan membuat waktu berbuka terasa lebih cepat!

Membaca
Anda bisa mengajak anak ke toko buku untuk berbelanja buku-buku kesukaannya. Buku-buku tersebut dapat dia baca selama bulan puasa. Jika bosan dengan buku bacaan, Anda bisa membelikannya buku elektronik yang memiliki jenis permainan untuk mengasah motoriknya. Dengan begitu, anak memiliki aktivitas yang mereka sukai saat menjalankan kewajibannya di bulan puasa.

Menyiapkan Makanan untuk Berbuka
Jangan ragu untuk melibatkan anak di dapur. Ketika Anda sibuk memasak, ajaklah anak untuk membantu menata makanan dan menyiapkan perlangkapan makan yang akan digunakan. Tapi, jangan sampai anak malah jadi batal puasa, ya! Moms harus tetap mengawasinya agar anak tidak mencicipi makanan itu sebelum waktunya.

Berpuasa bukan berarti tidak dapat melakukan aktivitas karena kondisi tubuh yang tidak seperti biasanya. Membimbing anak untuk dapat melewati puasa seharian penuh harus dengan kesabaran dan kasih sayang agar anak juga mengerti nilai utama di balik ibadah puasa. (/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here