Illuminati, Antara Mitos, Fakta dan Fantasi

Ilustasi. Foto: Istimewa

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diterpa isu tak sedap, masjid rancangannya yang terletak di rest area KM 88 B Tol Cipularang, Bandung, Jawa Barat dianggap mengusung nunsa illuminati. Dalam sebuah diskusi yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, di Bale Asri Pusdai, Senin (10/6) kemarin, Ridwan membantah tudingan tersebut.

“Demi Allah tidak ada niat apa pun dalam benak saya dalam mendesain masjid, khususnya Masjid Al-Safar, kecuali ingin mendatangkan lebih banyak jemaah yang sholat di situ,” kata dia. Tuduhan Masjid Al-Safar mengusung simbol illuminati ini muncul dari satu video yang viral di media sosial menayangkan seorang pendakwah yang membahas mengenai desain berbentuk segitiga di masjid ini.

Ustad itu bernama Rahmat Baequni, dia menganggap desain Masjid Al Safar mirip simbol illuminati atau Dajjal, yaitu segitiga dan mata satu. Illuminati adalah kelompok persaudaraan rahasia kuno yang diyakini masih ada sampai sekarang.

Membahas illuminati akan selalu beriringan dengan simbol-simbol dan tema-tema konspirasi. Penuh intrik dan ketidakpastian. Salah-salah pembahasnya bisa terjebak dalam “ilmu cocoklogi”.

Historia.id dalam sebuah artikelnya berjudul “Sukarno Dipengaruhi Freemason” menuliskan, dalam Freemasonry di Indonesia, Paul W van der Veur menjelaskan bahwa Freemasonry modern merupakan perkumpulan asal Eropa pada awal abad ke-18. Namun, akarnya merujuk kepada serikat tukang batu abad pertengahan dan pada masa silam yang dipenuhi mitos.

Perubahan menjadi Freemasonry modern terjadi saat keberadaan loji-loji tukang batu di Inggris dan Skotlandia diakui sebagai tuan-tuan “Mason baik” yang terpandang dalam masyarakat. Dengan menjadi seorang Mason berarti telah menjadi seorang bon ton (yang terpandang) di kalangan intelektual Eropa –karenanya seorang Mason mulai dari ilmuwan sampai negarawan.

Pada saat yang sama, berbagai terbitan anti-Mason bermunculan dan menyebarkan bahaya Freemasonry. Dimulai pada abad ke-18, banyak penulis dengan sudut pandang sentimen anti-semit mengaitkan Mason dengan Zionisme Yahudi, yang akhirnya menjadi mitos paling kuat di dunia, hingga kini.

Ensiklopedia Brittanca menguraikan bahwa illuminati adalah sebutan yang digunakan sejak abad ke-15 kepada berbagai kelompok orang yang mengaku tercerahkan secara luar biasa. Kata ini adalah jamak dari illuminatus Latin (“terungkap” atau “tercerahkan”).

Kelompok yang paling dekat dikaitkan dengan nama illuminati adalah gerakan pemikiran bebas yang didirikan pada 1776 oleh Adam Weishaupt, profesor hukum kanon di Ingolstadt dan mantan Jesuit. Anggota-anggota masyarakat rahasia ini menyebut diri mereka “Perfectibilis”.

Tujuan pendiri mereka adalah untuk menggantikan agama Kristen dengan agama akal, seperti yang kemudian dilakukan oleh kaum revolusioner di Prancis dan filsuf positivis abad ke-19 Auguste Comte. Ordo itu diatur menurut garis Yesuit dan menjaga disiplin internal dan sistem pengawasan timbal balik berdasarkan model itu.

Banyak kaum progresif terkenal yang bergabung, namun, sebagaimana Freemason, lambat laun mereka dilarang oleh kalangan konservatif dan Kristen, mereka pun lenyap sampai tahun 1960an. Saat dicetuksan, Weishaupt meyakini bahwa masyarakat seharusnya tidak diatur oleh ajaran agama, namun sebaliknya.

Mereka harus mendapat kebebasan dan tidak terpaku pada standar moral yang ditentukan oleh agama. Illuminati juga menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah, serta mengharapkan pemerintah tetap memberikan ruang yang aman bagi masyarakat dalam mengeluarkan kritikan, berdebat dan bebas berpendapat.

Bahkan, illuminati disebut-sebut berada di balik Revolusi Prancis, pecahnya Perang Dunia I dan II, pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, serta peristiwa 11 September 2001. Bukan itu saja, logo Illuminati secara sembunyi-sembunyi juga terselip di dalam novel, film, acara TV, komik, video klip, dan bahkan gambar mata satu yang ada di lembaran dolar Amerika Serikat.

BBC dalam artikelnya “The acidental invention of the Illuminati conspiracy” menuliskan bahwa Illuminati hari ini hampir tidak ada urusannya sama sekali dengan orang-orang Bayern tahun 1776. Kesimpulan itu didasarkan pada pandangan penulis dan wartawan David Bramwell, seorang pria yang mendedikasikan dirinya untuk mendokumentasikan asal usul mitos tersebut.

Semuanya dimulai di suatu tempat di antara Summer of Love dan fenomena hippie, ketika sebuah cetakan teks kecil muncul: Principia Discordia. Buku itu adalah naskah parodi untuk suatu agama parodi bernama Discordianisme, atau ‘ketidak-selarasanisme’ yang disulap oleh para anarkis dan pemikir antusias untuk menawarkan kepada para pembacanya sesembahan baru: Eris, dewi kekacauan.

Gerakan Discordia pada akhirnya adalah sebuah kolektif yang ingin memicu pembangkangan sipil, lelucon jahil dan tipuan lucu hoax. Naskah itu sendiri tidak pernah menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar luapan kepenasaranan gerakan budaya tandingan.

Tapi salah satu ajaran “agama” itu memandang bahwa kekacauan dapat membawa perubahan sosial sebagaimana diabadikan oleh seorang penulis, Robert Anton Wilson. Bramwell mengatakan, Wilson dan salah seorang penulis Principia Discordia, Kerry Thornley, “menyimpulkan bahwa dunia sudah menjadi terlalu otoriter, terlalu mengekang, terlalu tertutup, terlalu diatur.” Mereka ingin membawa chaos dan disinformasi.

“Untuk menyebarkan informasi yang salah melalui semua portal – melalui budaya tandingan, melalui media arus utama, melalui cara apa pun. Dan mereka memutuskan untuk mulai melakukan semua itu dengan menceritakan kisah tentang Illuminati.” (*/Dry)

4 KOMENTAR

  1. Salam dari urutan besar pencerahan bagi negara bersatu dan untuk seluruh dunia, ini adalah kesempatan terbuka untuk bergabung dengan persekutuan yang tercerahkan di mana Anda dapat memulihkan impian Anda hilang, dan juga di mana Anda dapat melihat cahaya kekayaan dan kebahagiaan tanpa pengorbanan darah. Dan kami juga membayar jumlah $550.000 untuk mendapatkan semua anggota baru ketika mereka bergabung dengan persaudaraan dan juga ke rumah pilihan mereka dan lokasi dengan investasi dengan kesempatan ini dalam hidup bagi mereka untuk menjadi terkenal.

    LATAR BELAKANG UNTUK ANGGOTA BARU YANG BERGABUNG DI LAMPU.
    1. hadiah tunai $550.000.
    2. RAC sleek Dream baru senilai USD 150.000
    3. sebuah rumah impian dibeli di negara pilihan Anda.
    Sebulan konsultasi dengan 5 terbaik di dunia.
    Pemimpin dan 5 selebriti paling penting di dunia. Jika Anda tertarik, silahkan hubungi alamat email sebelumnya-illuminatiworldwideorder@gmail.com atau wahtsapp kami +15184145254

    https://www.gaia.com/article/what-is-the-illuminati

  2. KANTOR BROTHERHOOD ILLUMINATI
    Berita baik untuk masyarakat umum
    Ini adalah fakta yang diketahui bahwa Free Mason / ILLUMINATI terdiri dari Multi
    Miliarder, Miliarder yang memiliki pengaruh besar mengenai sebagian besar urusan global, termasuk perencanaan Tata Dunia Baru. Banyak pemimpin dunia, Presiden, Perdana Menteri, keluarga kerajaan dan eksekutif senior perusahaan-perusahaan besar Fortune 500 adalah anggota Masonry Gratis.
    Sekarang, untuk pertama kalinya dalam sejarah kita membuka pintu kita kepada massa.
    Jika Anda ingin Bergabung dengan tukang batu Gratis, untuk keanggotaan hubungi saya di sini di kasapriest@gmail.com

  3. Salam dari tatanan besar negara bersatu dan untuk seluruh dunia, ini adalah kesempatan terbuka untuk bergabung dengan persekutuan yang tercerahkan di mana Anda dapat merebut kembali impian Anda hilang, dan juga di mana Anda dapat melihat cahaya kekayaan dan kebahagiaan tanpa darah sacrif Es. Dan kami juga membayar jumlah $550.000 untuk mendapatkan semua anggota baru ketika mereka bergabung dengan persaudaraan dan juga ke rumah pilihan mereka dan lokasi dengan investasi bersama dengan kesempatan dalam hidup bagi mereka untuk menjadi terkenal.

    MANFAAT YANG DIBERIKAN KEPADA ANGGOTA BARU YANG BERGABUNG LIGHTING.
    1. hadiah tunai $550.000.
    2. sebuah mobil impian ramping baru senilai USD $150.000 USD
    3. sebuah rumah impian dibeli di negara pilihan Anda.
    Sebulan konsultasi dengan 5 terbaik di dunia.
    Para pemimpin dan 5 selebriti paling penting di dunia. Jika Anda berminat, silahkan hubungi alamat email sebelumnya = illuminatiworldwideorder@gmail.com atau wahtsapp + 19292811087

  4. IKUTI CAHAYA ??????
    PESAN DUNIA ILLUMINATI DENGAN JAWABAN UNTUK ASPIRASI KEANGGOTAAN.
    Bergabunglah dengan Illuminati dan menjadi kaya dan terkenal. Para anggota Illuminati terkenal, sangat kaya dan juga di atas hukum.

    Ini adalah manfaat untuk anggota baru

    * Hadiah uang tunai sebesar 550.000 dolar AS
    * Mobil baru pilihan Anda
    * Rumah impian yang Anda beli di negara pilihan Anda
    * Liburan satu bulan (dibayar penuh) ke tujuan impian Anda.
    * A V. Saya .P perawatan di semua bandara di dunia
    * Perubahan gaya hidup total
    * Akses ke Hutan Bohemia
    * Pembayaran bulanan Anda $ 100,000
    Rekening bank setiap bulan sebagai anggota
    * Perlindungan ekstrim dari Ikhwan.

    Jika Anda tertarik, hubungi kami

    CALL / WHATSAPP: +34632588810
    Illuminatitempleofwealth658@gmail.com

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here