UAS Serukan Jihad untuk Menjaga Persatuan Umat

Penolakan Rektor UGM itu disampaikan lewat Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso, dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Bambang Agus Kironoto, kepada Ketua Takmir Masjid Kampus UGM, Mashuri Maschab. Salah satu alasannya, UGM mendapat desakan dari alumni.
Ustaz Abdul Somad. Foto: Ist

Oleh: Azhar AP

Indonesiainside.id, Pontianak – Ustadz Abdul Somad atau dikenal UAS mengajak umat Muslim untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan umat serta menghindari pertikaian dan perkelahian. Hal itu disampaikan dalam tablig akbar di Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

“Tabliq akbar ini satu di antaranya menyatukan umat di bawah naungan kata tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. Dengan kata itu kita hidup dan mati serta dikumpulkan di padang mahsyar,” ujarnya, Ahad (6/10).

Pada kesempatan itu, ia menyerukan  pentingnya umat Muslim berjihad. Berjihad yang dimaksudnya saat ini adalah mempersatukan umat. Menurut dia, jangan mencari kesalahan orang lain. Kemudian penting berjihad ekonomi, jihad politik, dan jihad melawan kebodohan serta berjihad menjaga anak dari pergaulan bebas.

“Berjihad bukan berarti perang. Kita harus bersatu dan menjaga NKRI. Kita cukup pernah dijajah Jepang dan Belanda dulu dan kini harus bersatu jangan mau dijajah oleh siapa pun lagi,” papar dia.

Ia berdoa agar Kalbar terus diberikan rahmat dan mendapat naungan dari Allah dan damai serta aman.

“Mudah-mudahan kita terus istiqomah dalam kebaikan. Bagaimana istiqomah satu di antaranya yakni jaga shalat karena yang pertama kali bertanya tentang shalatnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmijdi dalam sambutannya mengawali tablig akbar menyebutkan bahwa UAS merupakan ustadz pemersatu umat.

“UAS adalah pemersatu umat. Kita semua mencintai dan mengikuti instruksi beliau,” kata dia di Pontianak.

Pada kesempatan itu ia mengajak umat menjaga UAS baik dengan doa dan lainnya. “Mari kita jaga dan doakan UAS dalam berdakwah baik di dalam dan luar negeri. Kita selalu merindukan beliau,” ajak dia.

Selain gubernur sejumlah wali kota dan bupati di Kalbar juga hadir. Masyarakat yang hadir antusias dan jamaah membludak memenuhi area masjid terbesar dan kebanggaan Kalbar tersebut.

Sebelum tablig akbar, dilakukan juga shalat malam dan subuh berjamaah. Sejak shalat malam masyarakat sudah berbondong-bondong untuk hadir. Saat shalat fardu subuh, jamaah sudah memadati komplek masjid terbesar dan menjadi kebanggaan Kalbar tersebut.

Sebelumnya UAS juga mengisi tablig akbar di Komplek Pondok Pesantren Darussalam Sangkubang, Kabupaten Mempawah dan Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin di Kubu Raya. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here