Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Wamenag Mantan Guru Madrasah

Zainut Tauhid Saadi sebelum menjabat sebagai Wamenag dipanggil ke Istana, Jakarta, Jumat (25/10). Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Indonesiainside.id, Jakarta – Jika Anda memeriksa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, kira-kira apa yang tertulis pada kolom pekerjaannya? Sederet jabatan pernah dia emban hingga menjadi Wamenag.

Namun, tak ada pekerjaan berkenaan dengan kariernya yang tertulis di KTP-nya. Dari seorang politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menjadi anggota DPR, wakil ketua umum MUI, hingga menjabat sebagai Wamenag.

Ternyata, karier yang melekat dari hati hingga ke KTP-nya adalah profesi sebagai guru. Dia malah bangga menyebut dirinya sebagai guru madrasah, yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

“Hati dan KTP saya sampai sekarang masih tertulis guru,” ujar Zainut pada talkshow ‘Kompetensi dan Profesionalitas Guru Madrasah’ bersama Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag di bilangan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

Di tengah para guru madrasah, Wamenag bahkan mengaku lebih terkesan pernah menjadi guru madrasah dibandingkan sebagai anggota DPR RI. Bagi dia, guru adalah profesi yang sangat mulia, terlebih sebagai guru madrasah.

Dia mengapresiasi dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan para guru, terutama guru madrasah. “Guru bagi saya bukan lagi orang lain, tapi bagian dari diri saya. Karena 15 tahun saya pernah menjadi guru, baik guru madrasah maupun guru umum,” katanya.

Bahkan dia berkelakar selama 17 tahun perjalannya menjadi legislator merupakan perjalanan lain. Baginya, menjadi guru adalah sebuah kebanggaan dan memiliki kepuasan batin tersendiri. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here