Dalam Kondisi Sudah Lemah, dr Jose Masih Terpanggil untuk Kemanusian

Jenazah pendiri MER-C dr Joserizal Jurnalis
Jenazah pendiri MER-C dr Joserizal Jurnalis dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur, Senin (20/1). Foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id

Setiap tokoh yang datang melayat, punya kenangan dan terinspirasi dari sosok dr Joserizal Jurnalis, yang semasa hidupnya, memberi manfaat untuk kemanusiaan.

Namanya harum tak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional. Terlebih di wilayah konflik dan perang. dr Jose selalu hadir dalam misi kemanusiaan.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla yang juga mantan Wakil Presiden (Wapres) juga punya cerita sendiri mengenai sosok yang dia anggap luar biasa itu.

05 31 29 IMG 20200120 WA0000 768x431 1

JK yang ikut melayat dan shalat jenazah menilai sosok Joserizal pekerja yang hebat dan berani meski di tengah kecamuk perang. Keberanian ini menjadi hikmah kepada yang lain untuk terus membantu sesama meskipun dalam keadaan sulit bahkan mengancam nyawa sekalipun.

“Dokter Joserizal ini dokter yang luar biasa. Ia bersemangat kalau daerah yang konflik, sulit, di mana-mana, dulu ketemu di Ambon, di Poso, kita juga pernah sama-sama di Afghanistan. Terakhir di Myanmar,” tutur JK di Masjid Silaturahim, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (20/1).

Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, menyebut almarhum mujahid yang mengisi hidupnya untuk kemanusiaan. Inilah esensi Islam, yaitu Dinul Insaniyah (agama yang fokus pada kemanusiaan).

Bang Onim (kanan)
Aktivis kemanusiaan Palestina, Bang Onim (kanan). Foto: Ahmad ZR/ Indonesiainside.id

“Kami harap umat ini dapat melahirkan dr Jose Rizal yang baru. Umat ini butuh pelanjut seperti beliau,” ujarnya.

Tak hanya kehadiran tokoh, aktivis, dan relawan kemanusiaan. Pantauan Indonesiainside.id di lokasi pemakaman, hadir Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) FPI KH Ahmad Shobri Lubis, Ketua Persaudaraan Alumni 212 Ustaz Slamet Maarif dan KH Abdul Rosyid Asy Syafi’i.

Hadir juga putra Abu Bakar Ba’asyir, Ustaz Abdul Rochim Baasyir dan Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Achmad Mihdan, hingga aktivis Gaza Bang Onim.

Suasana duka menyelimuti pemakaman pendiri dan Dewan Pembina Medical Emergency Rescue Committee MER-C itu. Beberapa pelayat dari Palestina juga datang melepas jasad salah satu inistiator pendirian Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza itu.

pemakaman dr Joserizal Jurnalis
Suasana di pemakaman dr Joserizal Jurnalis. Foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id

dr Agus yang juga bagian dari lembaga kemanusiaan MER-C menyinggung banyak jasa yang ditinggalkan dr Jose selama berkiprah dalam misi kemanusiaan dalam dan luar negeri.

Khusus untuk urusan dalam negeri, dr Jose tidak alpa. Dalam kondisinya yang sedang terbaring lemah pun, dia tetap membantu korban banjir di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan sekitarnya.

“Di saat sedang sakit, beliau mau mengeluarkan cek untuk masyarakat yang terdampak banjir di Jakarta,” ujarnya di pemakaman dr Jose, TPU Pondok Ranggon, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (21/1).

Dia berharap kepada siapa pun dapat mengambil hikmah dari kebaikan dr Jose. “Mungkin mencari pengganti seperti beliau sulit, tapi mudah-mudahan ilmu dari beliau bisa kita petik. Selamat jalan sahabatku,” katanya.

dr Joserizal dishalatkan
Suasana di Masjid Silaturahim, tempat jenazah dr Joserizal dishalatkan. Foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id

Pada kesempatan sama, sahabat dr Jose, Ustaz Yunus menuturkan bahwa orang yang bermanfaat semasa hidupnya adalah yang banyak memberikan manfaat. “Orang yang jenius adalah orang yang memikirkan kehidupan yang panjang dengan kesempatan yang dia miliki di kehidupan yang pendek,” kata dia.

Aktivis kemanusiaan Palestina, Bang Onim, juga berpesan agar masyarakat mengikuti jejak langkah almarhum di bidang kemanusiaan. Dia akrab dengan dr Jose sejak tahun 2011.

Salah satu pembelajaran dari dr Jose adalah semangat dalam melayani umat. Dia selalu mengatakan untuk membantu siapa pun tanpa melihat latar belakang.

“Hari ini dr Jose menghadap Allah SWT, bisa jadi besok kita yang menghadap Allah, maka siapkanlah diri kita untuk berjumpa dengan Allah SWT dengan bekal terbaik,” tuturnya. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here