PBNU: Semoga Pandemi Virus Corona Dihempaskan dari Dunia

Ketua Pengurus Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Robikin Emhas, mengajak seluruh umat Islam dan warga NU di seluruh penjuru untuk melakukan doa bersama dan pertaubatan global. Hal tersebut bagus dilakukan sebagai bagian ikhtiar batin.

“Umat Islam dapat memohon ampunan dan pertolongan Allah SWT, semoga pandemi virus corona dihempaskan dari dunia,” kata Robikin di Jakarta, Kamis (9/4).

Dia mengatakan, pandemi virus corona merupakan keprihatinan dunia. Maka itu, sepatutnya semua pihak bersatu dan bahu membahu. “Di antaranya melakukan ikhtiar lahir dan batin agar wabah Covid-19 segera berakhir,” tuturnya.

Selain para ulama sepuh dan para tokoh, kata dia, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin juga turut serta dalam kegiatan bertajuk Doa Bersama dan Pertaubatan Global. Kegiatan tersebut dihelat PBNU hari Kamis (9/4) pukul 19.15 WIB nanti.

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi mendukung diselenggarakan kegiatan Istighotsah dan Dzikir Nasional untuk memohon doa kepada Allah SWT. Ini juga dalam rangka menangkal pandemi wabah virus corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia.

“Menurut hemat saya sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk wabah pandemi virus corona,” kata Zainut.

Wakil Ketua Umum MUI, menuturkan, dalam kegiatan istighotsah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti dzikir, shalawat kepada Nabi dan pembacaan doa. Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

“Karena ada kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak aman physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka kami mengusulkan pelaksanaan kegiatan istighosah dan dzikir bersama dilakukan secara online yang disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing,” tuturnya. (ASF)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here