Siapakah Aisyah Istri Rasulullah?

Projector Band. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Lagu Aisyah Istri Rasulullah menuai perhatian di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Lagu yang pertama kali dinyanyikan band asal Malaysia, Projector, pada 2007 dengan judul asli Aisyah A.K.A Satu Dua Tiga Cinta lantas dinyanyikan ulang Sabyan dan menjadi hits di Tanah Air hingga akhirnya banyak di-cover dan trending di Youtube.

Siapakah Aisyah Radiallahu ‘anhu. Berikut keterangan dari Ketua Majelis Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Kota Bekasi, Ustaz Wildan Hasan:

1. Ibunya orang-orang beriman (Ummul Mu’minin). Putri Shahabat utama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, Sayidina Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu.

2. Wanita yang dilebihkan atas wanita-wanita di dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang mulia dari kalangan laki-laki banyak, namun yang mulia dari kalangan wanita hanyalah Maryam binti Imron dan Asiyah istri Fir’aun, dan keutamaan ‘Aisyah atas semua wanita seperti keutamaan tsarid atas segala makanan.” (HR. Bukhari (5/2067) dan Muslim (2431)

3. Satu-satunya istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dinikahi tatkala gadis, berbeda dengan istri-istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lain karena mereka dinikahi tatkala janda.

4. Aisyah adalah orang yang paling dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kalangan wanita. Suatu ketika Amr bin al-Ash bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling engkau cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.” “Dari kalangan laki-laki?” tanya Amr. Beliau menjawab, “Bapaknya.” (HR. Bukhari (3662) dan Muslim (2384)

5. Wanita yang paling alim daripada wanita lainnya.

Berkata Imam az-Zuhri, “Apabila ilmu ‘Aisyah dikumpulkan dengan ilmu seluruh para wanita lain, maka ilmu ‘Aisyah lebih utama.” (Lihat Al-Mustadrak Imam Hakim (4/11)

Berkata Atha’, “’Aisyah adalah wanita yang paling faqih dan pendapat-pendapatnya adalah pendapat yang paling membawa kemaslahatan untuk umum.” (Lihat al-Mustadrok Imam Hakim (4/11)

Berkata Ibnu Abdil Barr, “Aisyah adalah satu-satunya wanita di zamannya yang memiliki kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kesehatan, dan ilmu syair.”

6. Wanita yang dibela kesuciannya dari langit ketujuh.

Prahara tuduhan zina yang dilontarkan orang-orang munafik untuk menjatuhkan martabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat istri beliau telah tumbang dengan turunnya 16 ayat secara berurutan yang akan senantiasa dibaca hingga hari kiamat. Allah Subhanahu wa Ta’ala mempersaksikan kesucian Aisyah dan menjanjikannya dengan ampunan dan rezeki yang baik.

7. Shahabat perempuan yang paling banyak meriwayatkan hadits. Jumlah hadits yang diriwayatkannya dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam 2.210 hadits. Beliau di urutan ke 4 di antara sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits setelah Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhum.

Abu Musa al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, “Apabila kami bingung dalam beberapa hadits, niscaya kami bertanya kepada Aisyah, dan pasti kami dapati tahu bagaimana hal itu.”

8. Salah seorang Guru utama para Shahabat sepeninggal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Seorang tokoh tabi’in dan keponakan Aisyah, Urwah bin az-Zubair berkata, “Aku tak pernah melihat orang yang paling tahu tentang halal dan haram. Tentang ilmu, syair, dan ilmu pengobatan melebihi Aisyah Ummul Mukminin radhiallahu ‘anha.”

9. Wanita yang mendapatkan salam dari Malaikat Jibril ‘Alaihis Salam

Dari Abu Salamah, Aisyah radhiallahu ‘anha bercerita bahwa Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam pada suatu hari bersabda,

يا عائش هذا جبريل يقرئك السلام. قلت: وعليه السلام ورحمة الله ، قالت: وهو يرى ما لا نرى.

“Yaa A-isy, ini Jibril memberi salam kepadamu”. Aku (Aisyah) berkata, “Wa’alaihis-salaam warahmatullaah”. ‘Aisyah berkata, “Beliau itu melihat sesuatu yang tidak kita lihat.”

10. Istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dunia akhirat

Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan Fathimah. Aisyah berkata : “Maka, akupun protes kepada beliau”. Beliau kemudian bersabda : “Apakah engkau tidak ridla menjadi istriku di dunia dan di akhirat”. Aku berkata : “Tentu, demi Allah”. Beliau bersabda : “Engkau adalah istriku di dunia dan di akhirat.” (Al-Mustadrak 10/3)

11. Wanita paling dicintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Salah satu riwayat menyebutkan secara langsung tujuh sifat yang dimiliki Aisyah dan tidak dimiliki seorang wanita pun selain apa yang diberikan Allah pada Maryam binti Imran.

Hadits ini diriwayatkan Aisyah, ia berkata,”Aku memiliki tujuh sifat yang tidak dimiliki seorang wanita pun, selain apa yang diberikan Allah kepada Maryam binti Imran. Aku mengatakan ini bukan untuk membanggakan diri pada seorang pun di antara teman-temanku (Istri Nabi lainnya).’

Abdullah bin Shafwan bertanya padanya,‘Apa saja, wahai Ummul Mukminin?’

Aisyah menjawab:

1. Malaikat Jibril datang membawa gambarku kepada Rasulullah.

2. Rasulullah menikahiku saat aku berusia tujuh tahun, aku diserahkan kepada beliau saat berusia sembilan tahun

3. Beliau menikahiku dalam keadaan gadis, beliau tidak mempunyai istri gadis selainku

4. Suatu ketika wahyu turun kepada beliau saat aku bersama beliau dalam satu selimut

5. Aku adalah salah satu orang paling beliau cintai, sejumlah ayat-ayat Al-Quran diturunkan berkenaan denganku dimana umat hampir saja binasa karenanya.

6. Aku pernah melihat Jibril dan tidak ada seorang pun di antara istri beliau yang melihatnya selain aku

7. Rasul wafat di rumahku, tidak ada seorang pun yang berada di dekat beliau selain aku dan Malaikat maut. (HR. Hakim (IV/10).

(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here