Pelunasan Biaya Haji Berjalan Terus, tapi Dibatasi Hanya Lima Orang Setiap Hari

Ilustrasi jemaah haji Indonesia di Masjidil Haram, pada sebuah pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. Foto: Azhar Azis/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelayanan haji dan umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupeten dan kota tetap dibuka dan berjalan seperti biasa. Calon jamaah haji yang akan membayar pelunasan biaya haji tetap dilayani, namun dibatasi hanya lima orang setiap hari.

“Adapun jamaah haji yang mendaftar ulang pelunasan dan pendaftar haji dibatasi maksimal lima orang per hari,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag H Nizar dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (1/4).

Dia menjelaskan, pembatasan orang ini mangacu pada kebijakan pemerintah daerah masing-masing yang mengatur tidak boleh ada kerumunan orang lebih dari lim orang. Pihaknya juga sudah membuat edaran terkait pelunasan yang mengimbau kepada jemaah haji yang ingin melunasi biaya hajinya melalui mekanisme nonteller.

“Edaran kami terkait pelunasan sudah jelas mekanisme pelunasan itu melalui nonteller,” ujarnya.

Dalam surat edaran tersebut, dia herpesan kapada Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi serta Kasi PHU di Kemenag kabupaten dan kota untuk terus mengampanyekan pelunasan melalui nonteller. JIka tidak bisa melalui daring, Kasi PHU harus membuat jadwal pelunasan kepada jamaah haji sebanyak lima orang per hari.

“Kami meminta Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi serta Kasi PHU di Kemenag Kabupaten Kota terus berkampanye pelunasan melalui online ataupun Kasi hajinya memberikan jadwal pulunasan,” tuturnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here