Jamaah Al Muhdlor Tulungagung Sudah Lakukan Shalat Id

al muhdlor
Jamaah Al Muhdlor di wilayah Sumbergempol, Tulungagung Jawa Timur, sudah melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H pagi ini. Foto: Istimewa.

Indoesiainside.id, Tulungagung – Komunitas jamaah Al Muhdlor di Tulungagung, Jawa Timur, kembali mendahului pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. Pagi tadi (21/5) mereka sudah menjalankan shalat Idul Fitri berjamaah di Masjid Nur Muhammad, Sumbergembol, Tulungagung.

Jamaah Al Muhdlor hampir senantiasa lebih dulu satu hari dalam menjalankan shalat Idul Fitri dibanding umat Islam lainnya. Tahun lalu pun mereka melakukan shalat Idul Fitri pada 3 Juni 2019. Sedangkan pemerintah dan ormas Islam lainnya baru keesokan harinya merayakan Idul Fitri.

Sekitar 50 orang jamaah Al Muhdlor mengadakan shalat Id di masjid Nur Muhammad. Komunitas ini merupakan pengikut habib Sayid Ahmad bin Salim Al Muhdlor dari Hadramut, yaman.

Dalam keterangannya, Habib Sayid Hamid bin Ahmad Al Muhdlor mengutarakan, perbedaan dalam penetapan Ramadhan atau Idul Fitri merupakan hal yang tidak perlu dibesar-besarkan. “Kami punya hitungan yang menjadi pegangan secara turun-menurun,” kilahnya.

Perbedaan itu, ucapnya, menambah luas khazanah umat Islam. Ia minta sebaiknya hal ini tidak menjadi perdebatan. Dia pun menghormati keyakinan yang dianut kelompok lain.

Wilayah Kecamatan Sumbergempol, terutama Desa Jabalsari, termasuk zona merah dalam pandemi virus corona (Covid-19). namun, jamaah AL Muhdlor tetap menjalankan shalat Idul Fitri di masjid. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here