Wamenag Sepakat Ada Penyatuan Kalender Hijriah Ormas Islam

Zainut Tauhid Sa'adi
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, mendukung MUI bersama Ormas agama Islam menyelenggarakan pertemuan dengan beberapa pakar untuk penyatuan kalender Hijriyah. Hal tersebut disampaikan Zainut dalam jumpa pers di kantor Kemenag, Jumat (22/5).

“Mudah-mudahan kita bisa bersepakat dalam banyak hal, sehingga kita bisa menyelenggarakan awal Ramadhan, lebaran dan Dzulhijjah secara bersama-sama,” kata Zainut.

Pada kesempatan sama, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, bersyukur penetapan 1 Syawal 1441 H tidak ada perbedaan. Hal ini harus disyukuri karena kebersamaan dapat melahirkan kekuatan bangsa, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Maka, DPR juga meminta agar ke depan Idul Fitri disamakan, karena bagaimanapun jika bersama, umat akan menyambut dengan gegap gempita,” kata Yandri di kantor Kemenag, Jumat.

Dia menyambut baik keputusan Kemenag untuk melaksanakan Idul Fitri di rumah. Sayangnya, saat Ramadhan banyak masyarakat yang tetap menyelenggarakan shat berjamaah.

“Tapi, jika nanti ada umat Islam menyelenggarakan shalat Id di lapangan atau masjid, mohon jangan ada tindakan represif, karena nanti bisa menimbulkan masalah baru,” ujarnya. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here