Warga Turki Bersyukur Masjid Dibuka Kembali untuk Salat Berjamaah

Indonesiainside.id, Istanbul – Masjid-masjid di Turki dibuka kembali untuk salat berjamaah, setelah lebih dari dua bulan ditutup. Pemerintah Turki mulai melonggarkan pembatasan yang bertujuan menghentikan penyebaran virus corona di negara itu.

Turki mulai bergeser ke tatanan normal baru, sejak Mei, dengan melonggarkan langkah-langkah pembatasan, dan membuka pusat perbelanjaan, tukang cukur dan salon rambut. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan sektor lain, seperti restoran, kafe, perpustakaan, taman, dan pantai, akan dibuka kembali mulai Senin.

Ratusan jamaah yang mengenakan masker melakukan shalat massal di luar Masjid Biru Istanbul yang bersejarah untuk pertama kalinya sejak masjid-masjid ditutup pada bulan Maret. Di Masjid Fatih, para jamaah salat di dalam dan di luar, dengan pemerintah kota membagikan desinfektan dan sajadah sekali pakai.

Gulcek Uyanik, 55, warga Turki, menyatakan rasa terima kasihnya karena dapat melanjutkan shalat berjamaah di masjid.

“Saya menunggu banyak untuk ini, saya telah banyak berdoa. Saya dapat mengatakan ini seperti kelahiran baru, terima kasih Allah SWT, dia membawa kita kembali ke sini,” katanya.

Dilansir dari The New Arab, sejauh ini Turki, negara berpenduduk 83 juta itu, mencatat 4.489 kematian terkait virus corona dan lebih dari 162.000 kasus dikonfirmasi. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here