Muslim Pemberani Korban Serangan Bersenjata di Masjid Kanada 2017, Diberi Penghargaan

PM Kanada dalam malam peringatan mengenang Khaled Belkacemi, Azzedine Soufiane, Abdelkrim Hassane, Aboubaker Thabti, Mamadou Tanou Barry, dan Ibrahima Barry. # RememberJan29

Indonesiainside.id, Montreal – Lima pria Kanada mendapat penghargaan kehormatan, Rabu (1/7) karena keberanian mereka mengatasi serangan bersenjata di sebuah masjid di Quebec, pada 2017. Penghargaan anumerta juga diberikan untuk Azzedine Soufiane, yang tewas teretmbak ketika ia menerjang pria bersenjata itu.

Penghargaan tersebut rencananya akan diberikan oleh Gubernur Jenderal Kanada Julie Payette di kemudian hari, setelah pandemi virus corona mereda. Pada 29 Januari 2017, seorang pria yang dikenal sebagai anggota ekstremis sayap kanan, menembaki para jamaah yang sedang shalat di masjid Kota Quebec. Insiden itu menewaskan enam orang dan melukai beberapa orang lainnya.

Kelima pria itu dan Soufiane berusaha menghentikan pelaku penyerangan, dimana terungkap dalam video pengintaian yang diperlihatkan di pengadilan, bagaimana Soufiane menyerang pelaku, dalam upaya untuk menyelamatkan rekan-rekan Muslim.

“Soufiane secara anumerta dianugerahi Bintang Keberanian karena mengorbankan hidupnya saat mencoba merebut senjata si penembak,” kata Gubernur Jenderal dalam sebuah pernyataan.

Dilansir Arab News, keempat korban lain serangan tersebut juga akan menerima Medali Keberanian, termasuk satu orang yang lumpuh akibat serangan itu. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here