Otoritas Saudi Siapkan Protokol Kesehatan dan Keselamatan di Masjidil Haram

Indonesiainside.id, Makkah – Persiapan akhir protokol kesehatan dan keselamatan pelaksanaan haji dimatangkan, untuk menyambut para jamaah di Makkah. Persiapan itu, sejalan dengan langkah-langkah pencegahan dari kementerian kesehatan Arab Saudi yang bertujuan untuk membendung penyebaran virus corona.

Rumah sakit lapangan, klinik keliling, botol air Zamzam sekali pakai, dan kebijakan kontrol pergerakan diberlakukan oleh otoritas Saudi di kota suci Makkah.  Presidensi Umum untuk Urusan Kedua Masjid Suci merancang dan memasang jalur untuk mengarahkan pergerakan jamaah di Masjid al-Haram, dan memastikan komitmen untuk langkah-langkah menjaga jarak sosial terlaksana.

Presidensi juga mengalokasikan pintu masuk dan pintu keluar khusus untuk mencegah penumpukan dan kerumunan, serta memberikan kelancaran pergerakan para jamaah. Rencana keselamatan itu disusun dalam kolaborasi antara Presidensi, Kementerian Haji dan Umrah, dan otoritas keamanan Saudi.

Selain itu, presidensi Umum juga meningkatkan kapasitas produksi botol air Zamzam untuk dibagikan kepada para jamaah. Botol-botol air Zamzam tersebut terlebih dahulu dibersihkan, diamankan, dan diproduksi untuk sekali pakai.

Pendingin air dan botol yang dapat digunakan kembali dilarang karena alasan kesehatan dan sebagai gantinya presidensi akan membagikan sejumlah botol air Zamzam kepada setiap jamaah. Sebagai kelanjutan dari upaya untuk memastikan musim haji yang aman, Kementerian Kesehatan Saudi akan menyediakan rumah sakit lapangan, klinik keliling dengan bus untuk menemani para jamaah saat mereka melakukan perjalanan melintasi situs-situs suci sepanjang tahapan haji yang berbeda.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here