Perketat Keamanan, Masjid Istiqlal Pasang 200 Lebih CCTV

masjid istiqlal
Seorang jamaah melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Masjid Istiqlal akan memperketat pengawasan dengan memasang lebih dari 200 CCTV di lingkungan masjid. Sejak tahun 1978 berdiri, Masjid Istiqlal tampak megah dan mewah. Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini telah rampung direnovasi besar-besaran oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan total biaya Rp475 miliar.

Wakil Ketua Bidang Peribadatan, Abu Hurairah menyampaikan, selain sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal menjadi objek vital dan bangunan cagar budaya. Karenanya, pihak Masjid Istiqlal tengah menyusun sistem keamanan yang terpadu.

Namun, dia tak dapat menyebutkan rincian sistem keamanan di masjid yang dapat menampung 200.000 jamaah tersebut. “Kalau sistem keamanan biasanya sifatnya rahasia ya, yang jelas Masjid Istiqlal saat ini dilengkapi CCTV di 200 titik kurang lebih,” kata Abu kepada Indonesiainside.id, Rabu (29/7).

Mengenai infrastruktur, Abu mengatakan dari segi arsitektur tidak ada perubahan. Hanya saja terdapat penambahan sarana dan fasilitas.

“Misalnya, parkir basement dan plaza serta penambahan pintu gerbang yang dari arah Lapangan Banteng,” ujarnya.

Sembari berseloroh, meskipun Masjid Istiqlal terbuka untuk siapa saja, termasuk pekerja yang biasa istirahat siang, Abu ingin ke depan tidak ada lagi jamaah yang memanfaatkan kenyamanan Masjid Istiqlal untuk tidur siang. “Pengennya sih tidak ada lagi orang-orang yang memanfaatkan Istiqlal untuk tidur-tiduran, ini kami lagi nyusun sistem keamanannya,” katanya.

Renovasi Istiqlal menghadirkan wajah baru bagi masjid terbesar di Asia Tenggara ini. Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), lighting, interior, dan signage.

Masjid Istiqlal kini menggunakan teknologi smart lighting dengan 3.600 titik lampu di ruang sholat utama, sehingga walau terang tetap terasa teduh, Demikian seperti dikutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Ahad (26/7).

Keistimewaan lainnya, lampu hemat energi yang digunakan dalam masjid tersebut dapat diatur melalui aplikasi smartphone yang khusus dipegang oleh pengelola masjid. Pencahayaan kubah dalam memakai teknologi dynamic white yang bisa berubah warna setiap hari, sementara kubah luar mengimitasi warna cahaya bulan yang diatur dengan komputer. (SD)

 

 

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here