Ulama Muslim Dunia Ajak untuk Menyelamatkan Anak-anak Yaman

Syeikh Dr Ali Muhyiddin Ali Al-Qaradaghi/AA

Indonesiainside.id, Ankara—Ketua Persatuan Ulama Muslim Dunia (IUMS), Syeikh Dr. Ali Qaradhagi pada hari Rabu (29/7) menyerukan kaum Muslim meluncurkan kampanye kemanusiaan secara global untuk menyelamatkan anak-anak yang rentan terhadap penyakit, kemiskinan dan kekurangan gizi di Yaman. Sebelumnya, Dana Anak PBB (UNICEF) mengatakan jumlah anak-anak yang kekurangan gizi di Yaman dapat mencapai 2,4 juta pada akhir tahun.

Pada hari Jumat, UNICEF memperingatkan bahwa jutaan anak di jantung bencana kemanusiaan terburuk di dunia dapat mendorong ereka pada ambang kelaparan. Hal ini disebabkan kekurangan besar dalam dana bantuan kemanusiaan di tengah pandemi virus corona.

“Sangat menyakitkan saya mengetahui laporan PBB ini sementara ada puluhan ribu miliarder di dunia Arab dan dunia Islam,” kata al-Qaradhagi di halaman Facebook-nya.

Dia mengatakan ada hampir 10 juta anak-anak Yaman yang membutuhkan bantuan kemanusiaan mendesak.  UNICEF mengatakan jumlah anak-anak kurang gizi di Yaman dapat mencapai 2,4 juta pada akhir tahun, hampir setengah dari jumlah balita.

Tambahan 30.000 anak-anak dapat mengembangkan malnutrisi akut berat yang mengancam jiwa selama enam bulan ke depan, katanya memperingatkan.  Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Al-Houthi menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Krisis meningkat pada tahun 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang menghancurkan yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan teritorial Houthi. Puluhan ribu warga Yaman, termasuk warga sipil, diyakini telah terbunuh dalam konflik, yang telah menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia karena jutaan orang tetap berisiko kelaparan. (AA/NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here