Salat Idul Adha di Masjid Raya Jakarta Patuhi Protokol Kesehatan

Jemaah salat Idul Adha di Masjid Raya Jakarta patuhi protokol kesehatan. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Jemaah Masjid KH Hasyim Asy’ari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat mematuhi prosedur tetap (protap) Covid-19 saat menjalankan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah, Jumat(31/7).

Pantauan di lokasi, jemaah tertib mengenakan masker dan mengikuti prosedur mengukur suhu tubuh sebelum memasuki gedung utama.

Di depan pintu masuk masjid, disediakan dua keran air dan sabun untuk para jemaah mencuci tangan.

Sebagian dari jemaah Shalat Idul Adha masih membawa anak-anak dan memakaikan masker saat memasuki kawasan masjid.

Saf Shalat Idul Adha juga diatur dengan jarak renggang sekitar 1,5 meter di gedung utama.

Masjid KH Hasyim Asy’ari menyiapkan saf Shalat Idul Adha untuk sekitar 4.000 jemaah, di kawasan gedung utama, ditambah ruang aula. Namun saf jemaah tidak sampai meluber dari gedung utama.

Selain itu, terdapat beberapa petugas masjid di saf masing-masing untuk mengarahkan tempat ibadah jemaah agar tetap tertib menjalankan protokol kesehatan.

Sebelum shalat dimulai, pengurus masjid menyampaikan permohonan maaf karena tidak menyelenggarakan kurban. Shalat Idul Adha dimulai pukul 06.30 WIB

Pengurus Masjid KH Hasyim Asy’ari tidak melakukan pemotongan hewan kurban di tahun ini, sehubungan dengan pandemi Covid-19.

“Anggaran pemprov untuk kurban tahun ini dialokasikan ke penanganan Covid-19, maka kami yang biasanya kurban sembilan ekor sapi saat Idul Adha maka untuk tahun ini kami tak mengadakannya,” kata Kepala Sekretariat Masjid KH Hasyim Asy’ari Suprapto.(EP/ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here