Ribuan Umat Hadiri Salat Idul Adha Pertama di Hagia Sophia

Salat Idul Adha perdana di Hagia Sophia. Foto: net

Indonesiainside.id, Istanbul – Jutaan warga Muslim di Turki melaksanakan salat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, Jumat (31/7) kemarin.

Di kota bersejarah Istanbul, Masjid Agung Hagia Sophia, yang pekan lalu dibuka kembali setelah jeda 86 tahun, menyelenggarakan salat Idul Adha pertamanya.

Ribuan orang jemaah hadir dan memeriahkan salat berjamaah yang diimami oleh Ali Erbas, kepala Direktorat Urusan Agama Turki, di masjid ikonik bersejarah itu.

Pejabat setempat membagikan sajadah sekali pakai, cairan disinfektan, masker dan air gratis kepada para jemaah.

Pengurus masjid juga menyediakan layar raksasa untuk memudahkan jemaah yang berada di barisan belakang menyaksikan khotbah.

Para pejabat di distrik Kota Fatih juga membagikan medali peringatan berlapis perak kepada jemaah yang datang ke Masjid Agung Hagia Sophia.

Di ibu kota Turki, Ankara, salat dilakukan dengan menjaga jarak sosial dan aturan kebersihan.

Disinfektan ditempatkan di pintu masuk masjid dan mereka yang masuk harus mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri.

Penyemprotan disinfektan di Hagia Sophia sebelum Salat Idul Adha. Foto: GI

Dalam sebuah sambungan telepon, Presiden Recep Tayyip Erdogan bertukar salam hari raya dengan tentara yang ditempatkan di Provinsi Sirnak.

Sebagian besar negara-negara Muslim di seluruh dunia, termasuk Turki dan Indonesia, merayakan hari raya Iduladha pada Jumat, 31 Juli.(EP/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here