Jelang Pelaksanaan Tawaf Terakhir, Masjidil Haram Kembali Matangkan Persiapan

Indonesiainside.id, Makkah – Para jemaah calon haji kembali ke Masjidil Haram di Makkah, untuk melakukan tawaf, mengelilingi Ka’bah dalam rangkaian penutup ibadah haji. Para jamaah akan berjalan mengelilingi Ka’bah tujuh kali, menandai selesainya seluruh rangkaian ibadah haji tahun ini.

Dilansir Arab News, beberapa jamaah kemudian akan diangkut ke hotel untuk isolasi diri, sementara yang lain akan kembali ke kota asal mereka untuk karantina 14 hari.

“Kami sedang bekerja untuk mengimplementasikan rencana yang disetujui agar menjadikan haji tahun ini berhasil sesuai dengan langkah-langkah pencegahan sejak dari kedatangan para jamaah ke Makkah, sampai mereka menyelesaikan tawaf terakhir,” kata Komandan Pasukan Khusus Keamanan Masjid Agung, Mayor Jenderal Yahya bin Abdulrahman Al-Aqil.

Para jemaah akan masuk ke Masjidil Haram melalui pintu-pintu yang ditentukan, dan akan diminta untuk mengikuti jalan yang ditandai khusus untuk menjaga jarak antara satu sama lain. Mereka kemudian akan memulai tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Sementara itu, jelang berakhirnya musim haji ini, Kementerian Saudi melaporkan keberhasilan pemerintah mencegah penyebaran virus corona di tempat-tempat suci, dengan nol kasus Covid-19 yang dikonfirmasi hingga saat ini.

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan status kesehatan para jamaah meyakinkan, dan tidak ada masalah kesehatan masyarakat musim haji tahun ini.

Masjid Agung disterilkan dan didesinfeksi setelah para jamaah menyelesaikan ritual Tawaf Al-Ifada pada hari ketiga haji. Diketahui, Masjidil Haram dibersihkan sebanyak 10 kali sehari selama krisis pandemi ini.

Amani Al-Saadi, seorang mentor kesehatan yang mengambil bagian dalam ibadah haji tahun ini, mengatakan status kesehatan jamaah dipantau dari sejak mereka meninggalkan akomodasi mereka sampai mereka kembali pada akhir hari.

Setiap jamaah memiliki kursi yang ditunjuk di bus haji untuk mengurangi kontak dengan orang lain, dan ada klinik medis di setiap kompleks tempat tinggal, di mana dokter memeriksa kesehatan para jamaah dan menyediakan obat-obatan yang diperlukan. (Msh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here