MTQ 2020 di Padang Tetap Terselenggara, Bazar dan Pawai Ta’aruf Ditiadakan

Al Qur'an dengan latar belakang santri Al Kautsar di Masjid Daarul Qur 'an, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jum'at (8/5). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Indonesiainside.id, Jakarta – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) nasional ke-28 yang sedianya diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat tetap terselenggara, hanya saja bazaar dan pawai ta’aruf ditiadakan, karena berpotensi mengundang keramaian dan berbahaya dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Hal ini disampaikan Kasubdit Lembaga Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits Kementerian Agama, Sholahuddin Ahmad.

“Sesuai keputusan gubernur, yang namanya bazar termasuk dari pemerintah daerah ditiadakan semua untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Terkait antisipasi dan penangan Covid-19, pihak pemerintah Sumatera Barat telah menunjuk beberapa rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi dan menyukseskan MTQ nasional 2020 ke-28,” kata Sholahuddin.

Rencananya, kegiatan MTQ nasional 2020 akan diselenggarakan pada 14 November 2020 di Stadion Olahraga Kota Pariaman dan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Begitu pun dengan penutupan, masih di tempat yang sama pada 20 November 2020 dan ditutup oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Sholahuddin menyampaikan bahwa MTQ ini berbasis teknologi informatika (TI), mulai dari pendaftaran melalui aplikasi e-MTQ, perkemahan finger print, penerapan soal (maqra) melalui aplikasi e-Maqra, penerapan TI scoring, penilaian IT, pengambilan maqra secara online untuk 16 kabupaten tertentu, dan diselenggarakan secara live streaming. “Insya Allah, para peserta sebelum mengikuti kegiatan juga akan di rapid test terlebih dahulu,” ujarnya.

Adapun cabang dan golongan MTQ terdiri dari anak-anak putera dan puteri, remaja putera dan puteri, golongan tuna netra, dan golongan tilawah dewasa putra dan putri. “Cabang hafalan Alquran terdiri atas hafalan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz,” ujarnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here