Mirip Salib di Spanduk HUT Ke-75 RI, Aa Gym: Bisa Dimaklumi jika Semangat 17-an Berkurang karena Tak Nyaman

KH Abdullah Gymnastiar

Indonesiainside.id, Jakarta – Dai kondang Kiai Haji (KH) Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym buka suara soal tanda salib dalam disain spanduk HUT ke-75 Republik Indonesia (RI). Menurutnya, menjadi maklum jika akhirnya semangat 17-an tahun ini berkurang.

“Sangat bisa dimaklumi nila jadi perbedaan pendapat melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 Agustus 2020 ini karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar,” tulis Aa Gym di akun Instagram miliknya @aagym, Selasa (11/8).

View this post on Instagram

SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020 ini Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar.. Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan..dan protes. Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17 an nya jadi berkurang.. Karena merasa kurang nyaman.. Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil dibalik semua ini. Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru Yang tak perlu… Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh Pencipta kita semua.. aamiiin Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini yaa…

A post shared by Abdullah Gymnastiar (@aagym) on

“Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan dan protes. Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17-annya jadi berkurang karena merasa kurang nyaman,” ungkapnya melanjutkan.

Meski begitu, sebagai muslim Aa Gym meminta agar umat Islam berbaik sangka atas terciptanya spanduk 17-an berdampingan dengan tanda salib. “Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis-lapis, bijaksana, dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru yang tidak perlu,” ucapnya.

Dalam postingan yang disukai hampir 8.000 lebih akun tersebut, Aa menyempatkan untuk menuliskan doa terbaik untuk Indonesia di usia 75 tahun. Kerukunan antarsuku dan agama menjadi doa utama yang disampaikan Aa.

“Semoga ulang tahun ke-75 bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Allah Pencipta kita semua, amin. Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini yaa,” ujarnya dalam unggahan yang dikomentari lebih dari 600 akun. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here